nusabali

Tim Verifikasi LSS Nasional Nilai SMPN 1 Bangli

  • www.nusabali.com-tim-verifikasi-lss-nasional-nilai-smpn-1-bangli

Tim verifikasi nominasi Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional kembali mendatangi SMPN 1 Bangli (Esaba), Selasa (18/9).

BANGLI, NusaBali

Tujuannya untuk menyocokkan hasil penilaian sebelumnya. Hasilnya sebagai penetu juara LSS tingkat nasional. Pada akhir bulan ini seluruh data akan dikumpulkan dan dirapatkan bersama empat kementerian. Awal Oktober akan ada surat undangan bagi sekolah untuk pengumuman dan penganugrahan juara LSS.

Ketua Tim Verisikasi Nominasi LLS, Agus Suharyanto, mengatakan LLS tingkat nasional diikuti 25 provinsi. Penilaian telah dilakukan pada bulan Juli lalu. “Penilaian awal di 25 provinsi sudah dirapatkan, hasilnya sudah mengerucut. Maka dilakukan kembali pencocokan yang hasilnya akan menentukan siapa menjadi juaranya,” jelas Agus Suharyanto. Dijelaskan, LSS untuk 23 TK, 24 SD 24, 25 SMP, dan 24 SMA.

Kriteria penilaian meliputi best performance dan best achievment. Dijelaskan, best achievment meliputi upaya sekolah dalam melahirkan program UKS. Sementara best performance menyangkut kinerja sekolah. “Bobotnya lebih pada kepala sekolah menjalankan program. Seperti apa pembinaan di kabupaten, provinsi, dan penerapan atau implementasi oleh para siswa,” bebernya. Agus Suharyanto tidak memungkiri sekolah di desa dengan kota berbeda dari SDM dan sarana prasana pendukungnya. “Maka point penilaian adalah kinerjanya,” terangnya.

Agus Suharyanto menambahkan, jika dalam evaluasi ditemukan kekurangan, maka akan dibahas bersama. Kegiatan menjadi pembinaan bersama dalam mengembangkan program UKS. Verifikasi dilakukan secara serentak di 21 provinsi. “Bali diwakili Kabupaten Bangli,” ujar Agus Suharyanto. Ditegaskan, untuk bisa menjadi juara nasional, SMPN 1 Bangli harus ada di strata paripurna. “UKS ada empat strata meliputi minimal, standar, optimal, dan paripurna,” imbuhnya. *es

Komentar