nusabali

Galuh Bilen ‘Move On’

  • www.nusabali.com-galuh-bilen-move-on

Launching album baru ini akan menghadirkan sederet penyanyi pop Bali ternama. Konsep pentas juga dibarengi dengan fashion show.

DENPASAR, NusaBali
Setelah merampungkan album selama hampir enam tahun, penyanyi Bali, Galuh Bilen akhirnya bakal meluncurkan album ketiganya berjudul 'Move On' di Gedung Bhumiku, Jalan Gunung Soputan, Denpasar, Jumat (21/9) besok.

Kepada NusaBali, Galuh Bilen mengatakan, proses penyiapan album ketiga ini sejak tahun 2012. Perlu waktu enam tahun untuk merampungkan album yang terdiri dari delapan lagu tersebut. "Karena setiap harinya saya tidak bisa ngurusin lagu, ngurusin album. Makanya saya kerjakan satu-satu, jadi pelan-pelan," ujarnya saat jumpa pers di The Vasini Hotel, Tohpati, Denpasar, Rabu (19/9).

Adapun delapan lagu tersebut diantaranya berjudul Move On, Takut-Takut Kangen, Kunang-Kunang, Ampurayang, Pegat Nyambung, Dije Jang Matane Luh, Suka Duka Tetap Bersama (feat Nanoe Biroe), dan Powerbank (Gek Cantik). Beberapa lagu sudah sempat dirilis sebelumnya sebagai single, sejak tahun 2014. Proses penggarapan album terbilang spesial, karena melibatkan cukup banyak musisi di dalamnya.

Sebut saja AA Raka Sidan yang membuat lagu Takut-takut Kangen, Tunik "Motifora" yang menciptakan lagu "Kunang-kunang", Ray Peni yang membuat lagu "Ampurayang", Nanoe Biroe dengan lagu "Suka Duka Tetap Bersama", termasuk pencipta lagu kawakan, Komang Raka. Sedangan aransemen digarap Gung Dhea dan Dek Artha.

Dikatakan, lagu Move On memberi arti semangat bahwa kita harus maju ke depan, dan melupakan apa yang terjadi di belakang, maka konsep album kali ini adalah optimis. “Optimis akan hidup, optimis akan kehidupan masa depan dan tetap semangat. Jadi, lagu ‘Move On’ ini tidak semata-mata bangkit dari keterpurukan cinta, melainkan pesan semangat untuk menjalani kehidupan,” katanya.

Galuh mengatakan, hingga saat ini masih merilis albumnya dalam bentuk DVD sekitar 1.000 keping. Kendati kenyataannya penjualan DVD kini sudah mulai lesu. “Boleh saja penjualan album fisik mengalami penurunan, namun semangat berkarya jangan sampai lesu juga. Zaman sekarang, banyak cara untuk melakukan pemasaran. Termasuk media sosial sekarang banyak bisa dimanfaatkan untuk pemasaran,” ungkapnya.

Di samping itu, Galuh juga mengaku akan menyumbangkan seluruh hasil penjualan DVD albumnya untuk korban gempa di Lombok. “Dalam waktu dekat saya dan beberapa artis lainnya akan menggelar konser charity di Lombok,” tandasnya.

Galuh Bilen pertama kali mewujudkan kecintaan dan kegemarannya terhadap lagu pop Bali dengan merilis mini album"I Love You" pada awal tahun 2011. Selain sebagai bentuk kecintaan terhadap lagu Bali, Galuh mengatakan ingin menghibur masyarakat Bali, sekaligus makin meyakinkan banyak pihak bahwa musik Bali pun enak didengar dan bisa diterima di semua kalangan. Setelah album pertama yang mempopulerkan lagu I Love You, Kenangan Nusa Dua , Lokal Impor, dan Bali Berdansa, satu setengah tahun kemudian Galuh Bilen merilis full album datam format VCD dengan judul "Pelet Bali". Album ini menghasilkan sejumlah hits, seperti Arjuna Vs Madona, Pancoran Apit Telaga, Tepung Ampehang Angin,Turki Bangladesh, dan Paling Bagus. *ind

Komentar