nusabali

Peluang Tinggi, Fakultas Kedokteran Undiksha Diharapkan Mampu Bersaing

  • www.nusabali.com-peluang-tinggi-fakultas-kedokteran-undiksha-diharapkan-mampu-bersaing

Sebanyak 50 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Undiksha, baru saja usai mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) pada 17-19 September lalu.

SINGARAJA, NusaBali

Sebagai angkatan pertama mereka diharapkan mampu berdaya saing dan mengisi kekurangan dokter di Indonesia. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendiidkan Tinggi, Kemenristekdikti, Prof Ali Gufron Mukti  MSc PhD, Rabu (19/9). Pejabat pemerintah pusat yang hadir memberikan kuliah umum kepada mahasiswa kedokteran Undiksha memaparkan, peluang untuk mengisi kekurangan dokter di Indonesia sangat tinggi.

Apalagi di tahun 2030 nanti, untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s), perbandingan dokter dengan penduduk 1:1.000. Sedangkan di tahun 2017 lalu, skema perbandingannya masih menunjukkan 1: 1.700. Ali pun menjelaskan untuk mengejar perbandingan satu orang dokter melayani seribu penduduk memerlukan kekurangan hampir lima  ribu orang lulusan dokter setiap tahunnya.

“Undiksha harus mempunyai lulusan sumber daya manusia di bidang kedokteran yang berkualitas sehingga bisa berssaing dan mengisi peluang itu,” kata dia.

Selain itu dalam menghadapi revolusi industri 4.0, mahasiswa kedokteran Undiksha diharapkan tidak lagi hanya menganalisis lagi anatomi manusia namun menemukan masalah kesehatan, apa penyebabnya dan bagaimana kaitannya dengan organ-organ lainnya. Bahkan kemajuan teknologi saat ini, menurut Prof Ali, merupakan ancaman yang serius bagi dokter, apalagi suatu saat semua pekerjaan diambil alih oleh robot.

Prof Ali juga berpesan kepada para dosen fakultas kedokteran untuk memperkaya dan terus meng-update pengetahuan. Kurikulum dan metode pembelajaran pun ditekankan harus ramah dengan era disrupsi teknologi saat ini.

Sementara itu Rektor Undiksha Singaraja, Dr I Nyoman Jampel mengapresiasi perhatian pemerintah pusat yang turut hadir langsung dalam OKK Fakultas Kedokteran Undiksha di tahun pertama. Ia pun berharap, mahasiswa kedokterannya dapat memegang teguh visi lembaga dalam menjalani proses perkuliahan, yang menjadi universitas unggul 2045 berlandaskan Tri Hita Karana.

“Kami berterimakasih sekali atas dukungan dan kedatangan Prof Ali, dengan pengetahuan awal ini mudah-mudahan mahasiswa kedokteran angkatan pertama kami, dapat meresapi tugas utama yang menantinya saat menjadi seorang dokter,” ungkap dia.*k23

Komentar