nusabali

Lagi, Pura Dibobol Maling

  • www.nusabali.com-lagi-pura-dibobol-maling

Adapun yang berhasil digasak maling berupa 4 buah gelang emas, 5 buah kalung emas, 20 buah perhiasan bunga emas, dan 1 gulung wastra.

Emas di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo Raib

DENPASAR, NusaBali
Aksi pencurian di areal pura kembali terjadi. Kali ini Pura Kayangan Jagat Dalem Solo, Banjar Aseman, Desa Sedang, Abiansemal, Badung yang dibobol maling pada Jumat (21/9) dinihari. Akibat kejadian, seluruh emas yang disimpan di Pura lenyap digondol maling.

Informasi yang dihimpun dilapangan, tidak ada yang mengetahui persis aksi pencurian yang dilakukan oleh pelaku yang diduga lebih dari satu orang ini. Pasalnya, aksi pencurian diduga dilakukan pada Jumat dini hari. Warga yang pertama kali melihat tempat penyimpanan berbagai barang berharga tersebut adalah I Ketut Suwena, 42, yang kala itu bertugas bersih -bersih di sekitar areal pura Kayangan Jagat Dalem Solo, Banjar Aseman, Desa Sedang.

Saksi ini pun terkejut mendapati hal itu dan langsung melaporkan ke petugas kepolisian Polres Badung. "Kalau waktu diketahui sekitar pukul 08.00 Wita. Kemudian saksi melaporkan ke warga dan diteruskan ke Polres untuk penyelidikan lebih lanjut," urai sumber, Jumat (21/9) malam

Petugas kepolisian dari Polsek Abiansemal dan Polres Bandung bersama Inafis langsung turun ke TKP untuk melakukan gelar perkara, termasuk mendata barang yang hilang. Adapun yang berhasil digasak maling berupa 4 buah gelang emas, 5 buah kalung emas, 20 buah perhiasan bunga emas, dan 1 gulung wastra. Perhiasan ini biasa digunakan penari saat odalan.

Beruntung, tempat penyimpanan pretima di sisi lain pura tersebut tidak ikut dibobol maling. Akibat aksi pencurian itu, warga Pengempon Pura Dalem Solo mengalami kerugian mencapai kurang lebih Rp 53 juta. "Kalau hasil pemeriksaan di lokasi, anggota menemukan kunci bagian depan diduga kuat dicongkel menggunakan linggis. Pelaku diduga masuk ke area tersebut dengan cara melompat dan merusak tempat penyimpanan emas itu," beber sumber tadi.

Dikonfirmasi terkait aksi pencurian itu, Kapolsek Abiansemal, Kompol I Nyoman Weca membenarkan terkait pencurian emas. Diakuinya, lokasi penyimpanan benda tersebu digudang diarea Pura yang dijadikan tempat penyimpanan benda lainnya. Pelaku, menurut Kompol Weca diduga lebih dari satu orang juga mengetahui keberadaan benda itu. "Saat ini masih dalam penyelidik kita. Kalau kejadiannya pada Jumat pukul 02.00 Wita dinihari," singkatnya. *dar

Komentar