nusabali

FENG-SHUI : Pengobatan Tradisional untuk Jerawat

  • www.nusabali.com-feng-shui-pengobatan-tradisional-untuk-jerawat

Jerawat Menurut Ilmu Kedokteran Timur

Pemahaman Jerawat Menurut TCM
Menurut TCM, jerawat termasuk dalam kategori Fei Feng Fen Ci (angin menyerang paru sehingga muncul erupsi pada kulit) yang pada umumnya disebabkan oleh patogen luar angin panas yang menyerang paru, atau oleh karena konsumsi makanan pedas berminyak berlebihan yang mengakibatkan akumulasi panas di lambung dan usus.
Penyebab dan Pathogenesis

Penyakit jerawat banyak diakibatkan oleh Yin Ginjal secara bawaan tidak mencukupi, api sekunder condong membara, ditambah dengan pola makan minum yang tidak sehat, kehidupan yang tidak teratur, atau Meridian Chong dan Ren kacau, yang berakibat panas paru lambung subur atau hambatan dan bendungan darah panas atau stasis dan riak membeku menggumpal pada bagian wajah.
Penggolongan

1. Panas Tertimbun di Paru dan Lambung.
Gejala dan tanda: merupakan campuran dari komedo, nodul merah kecil dari papula erupsi, pustula kecil, kulit berminyak, konstipasi, urin kuning, lidah merah selaput lidah kuning, nadi cepat.

2. Yin Defisit Api Membara
Gejala dan tanda: kondisi tubuh bawaan Yin Defisit atau Api Defisit membumbung ke atas akibat masa subur pertumbuhan dan perkembangan dari para pemuda/pemudi, wajah berminyak, terdapat banyak pustula dan nodul merah kecil-kecil, mulut kering, hati gelisah, telapak tangan dan kaki panas, tinja kering menggumpal, urin merah dan sedikit, lidah merah selaput lidah kuning tipis, nadi cepat lembut.

3. Meridian Chong dan Ren Tidak Teratur
Gejala dan tanda: jerawat yang khusus terjadi pada wanita, kambuh serta berat ringannya jerawat memiliki hubungan yang erat dengan masa haid, skin rash bertambah berat dan banyak sebelum haid, berkurang dan menjadi ringan setelah haid, sering dibarengi dengan gejala ketidakteraturan haid, sebelum masa haid hati gelisah mudah marah, iga dan payudara terasa membengkak sakit, lidah merah selaput lidah agak kuning, nadi senar.

4. Stasis dan Riak Membeku Menggumpal
Gejala dan tanda: kondisi jerawat yang terjadi secara terus-menerus tidak sembuh-sembuh, gejalanya luka yang terjadi pada kulit terutama berupa kista dan nodul yang besar dan dalam, dengan warna merah gelap, bila dipencet akan keluar nanah darah atau cairan kuning putih seperti lem, setelah sembuh akan meninggalkan bekas pigmentasi, jaringan parut, sangat berpengaruh berat pada kecantikan. *

loading...

Komentar