nusabali

Karya Peneduh Di Pura Rinjani

  • www.nusabali.com-karya-peneduh-di-pura-rinjani

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri sekaligus muspayang Karya Peneduh Jagat Tawur Balik Sumpah Agung di Pura Penataran Agung Rinjani, Dusun Kebaluan, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (22/9).

SEMARAPURA, NusaBali
Upacara ini untuk memohon keselamatan, karahayuan, dan keharmonisan alam beserta isinya agar kembali seimbang seperti sedia kala. Kedatangan Wabup Kasta didampingi Ny Sri Kasta disambut ratusan warga pengempon Pura. Wabup merasa kagum dan mengapresiasi semangat kebersamaan dan gotong royong krama, umat sedharma dalam melaksanakan Karya Peneduh Jagat Tawur Balik Sumpah Agung ini.

Wabup Kasta berharap dengan dilaksanakan upacara ini dapat memulihkan kondisi dan semangat warga pasca bencana gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu. "Mudah-mudahan dengan pelaksanaan upacara ini, akan mengembalikan ketentraman dan kerahayuan jagat," ujar Wabup Kasta.

Pemangku Pura Penataran Agung Rinjani Lombok Utara, Jero Mangku Gede Made Arta menyampaikan Upacara Karya Peneduh Jagat Tawur Balik Sumpah Agung digelar pasca gempa bumi yang terjadi di pulau Lombok beberapa waktu lalu. Upacara ini juga sebagai persembahan ke Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Menurut Jero Mangku Arta, karya ini merupakan upacara perdana yang digelar di Pura Penataran Agung Rinjani. "Sudah kami lakukan konfirmasi dengan mantan-mantan pengurus PHDI, bahwa karya seperti ini belum pernah dilaksanakan," ujar Jero Mangku Arta didampingi Panitia Pembangunan Pura, Anak Agung Bagus Arimbawa.

Disebutkan, dalam upacara ini juga akan dilanjutkan dengan Ngaturang Pakelem di pantai/segara setempat sebagai sebuah upacara Ngangluk Merana untuk memohon keselamatan. Jero Mangku Arta berharap dengan digelarnya karya ini, alam beserta isinya selalu dalam keadaan damai dan dijauhkan dari bencana lainnya. "Mudah-mudahan dengan doa restu dari Pemkab Klungkung juga, kedepan tidak lagi terjadi kejadian serupa atau bencana seperti ini," ucapnya. *wan

Komentar