nusabali

Ada Kecak di Theme Song APG

  • www.nusabali.com-ada-kecak-di-theme-song-apg

Theme Song Asian Para Games (APG) 2018 bertajuk Song of Victory diperkenalkan ke masyarakat umum.

JAKARTA, NusaBali
Dalam versi terbarunya ada ucapan cak yang merupakan kepanjangan kecak di awal lagu. Pencipta Song of Victory, Ezra Lilipory mengatakan, cak untuk menonjolkan kekhasan Indonesia. "Bali Identik dengan Indonesia. Cak, cak, cak dipakai untuk menunjukan identitas kita. Apalagi kita sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018," ujar Ezra di GBK Arena Senayan, Senin (24/9). Kata-kata cak berada di lagu Song of Victory versi kedua.

Penambahan dilakukan oleh Denny Chasmala. Lagu versi kedua dinyanyikan oleh sejumlah artis ternama seperti Arman Maulana, Once, Vidi, Maudy Ayunda, Resty Kejora Dangdut dan lainnya. Sementara versi original dibawakan oleh Aryo Wahab serta Putri Ariani.

Ezra mengatakan, selain cak dalam Song of Victory juga ada unsur musik tradisional ia masukan. Antara lain angklung dan gamelan. Ia dibantu arragement oleh Dharana Moniaga dan MS. Alwi. Ezra menciptakan lirik lagu tersebut dalam tempo dua hari pada tahun 2017 lalu.

Lagu mengisahkan tentang kemenangan. Dimana musuh terbesar dalam meraih kemenangan adalah diri sendiri. Oleh karena itu, kunci utama meraih kemenangan adalah fokus. Hal tersebut bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk penyandang disabilitas. Bahkan mereka bisa melampauinya.

"Ketika membuat lirik lagu, saya juga berpikir intro apa yang bisa dinyanyikan di Stadion Gelora Bung Karno. Saya pun memasukan kata-kata ooo agar euforianya dapat," jelas Ezra. Ezra berharap pula lagunya bisa booming seperti lagu Meraih Bintang yang dibawakan Via Valen di theme song Asian Games 2018. "Semoga bisa seperti itu juga, lantaran ini menggunakan bahasa Inggris," ucap Ezra.

Ezra memaparkan, penggunaan bahasa Inggris agar dapat dinikmati oleh berbagai orang di dunia internasional. Plus pesannya sampai ke mereka pula. *k22

Komentar