nusabali

Bayar Kaul, John Ngantor Naik Ontel Sebulan

  • www.nusabali.com-bayar-kaul-john-ngantor-naik-ontel-sebulan

Berbagai cara dilakukan seseorang ketika sukses dalam mencapai tujuan.

DENPASAR, NusaBali
Seperti yang dilakukan Komisioner KPU Bali periode 2018-2023 yang baru saja dilantik KPU RI, Senin (24/9), I Gede John Darmawan. John Darmawan bayar kaul kalau lolos sebagai Komisioner KPU Bali naik sepeda ontel saat berangkat ngantor selama sebulan. Bayar kaul ala John Darmawan ini dimulai, Selasa (25/9) kemarin dan rencananya akan diselesaikan pada 25 Oktober 2018 mendatang.  

“Saya awalnya berjanji pada diri sendiri saja. Kalau lolos sebagai Komisioner KPU Bali akan naik sepeda ontel selama sebulan penuh. Karena sudah mulai bertugas sejak hari ini (kemarin, red) ya sudah saya mulai saja bayar komitmen itu pada diri sendiri. Walaupun pada diri sendiri ya tetap harus saya lakukan,” ujar John Darmawan kepada NusaBali, Selasa kemarin. John lolos bersama komisioner lainnya, yakni Anak Agung Raka Nakula, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, I Dewa Agung Gede Lidartawan dan Ni Putu Sri Widyastini.

Lidartawan yang notabene mantan Ketua KPU Bangli terpilih aklamasi sebagai Ketua KPU Bali. Nah, John Darmawan sendiri dalam melakukan aksi kaul selama sebulan mengunakan baju serba putih, sepeda ontel yang dicat serba putih. Dia menaiki sepedanya dari rumahnya Jalan Tukad Pancoran, Desa Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan menuju kantornya di KPU Bali Jalan Tjokorda Agung Tresna, Niti Mandala, Denpasar dengan jarak kurang lebih 3 kilometer.

“Waduh, saya sebenarnya malu juga nih. Jadi ramai. Padahal diam-diam maunya, nanti dikira pencitraan,” kata pria yang sebelumnya sebagai notaris ini. Otomatis mulai kemarin John akan melaksanakan prosesi naik sepeda ontel setiap ngantor ke KPU Bali selama sebulan. Kata dia naik sepeda ontel dengan pakaian serba putih dan sepeda ontel yang dicat putih sebagai ucapan syukur saja. “Ya ini sebagai ungkapan syukur saja, karena sudah janji sejak mendaftar sebagai Komisioner KPU Bali, saya berjanji kalau lolos akan naik sepeda ontel selama sebulan kalau ke kantor,” kata mantan aktivis Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) ini.

Saat mulai ngantor kemarin otomatis penampilan John menyita perhatian staf di KPU Bali. Penampilan John mirip yang dikenakan Soekarno. Presiden RI pertama. "Nggak enak juga jadi ramai nih," ujar pria asal Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan ini berharap bayar kaulnya bisa terpenuhi selama sebulan.

John Darmawan mengatakan dirinya sejak punya keinginan besar mengabdi di KPU Bali. Sementara persaingan sangat ketat. Perlu perjuangan keras untuk bisa lolos. Apalagi ketika seleksi pada babak 10 besar. "Jadi saya juga mohon dukungan kepada elemen masyarakat Bali dalam pengabdian ke depan," pungkasnya. *nat

Komentar