nusabali

Ratusan Siswa Peringati Bulan Gemar Membaca

  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-peringati-bulan-gemar-membaca

Acara ini dipusatkan di depan monumen perjuangan Kapten Anom Mudita.

BANGLI, NusaBali
Tujuannya menumbuhkembangkan budaya membaca pada semua kalangan masyarakat di Kabupaten Bangli. Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangli, Nyoman Sumatra, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan. “Bertujuan menumbuhkembangkan budaya membaca pada semua kalangan masyarakat guna meningkatkan kualitas generasi muda,” jelasnya. Kegiatan disemarakkan dengan lomba membuat rangkuman dari koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah. Lomba ini diikuti seluruh SD se-Kabupaten Bangli. Terkumpul sebanyak 2.000 rangkuman.

Ada pula lomba bercerita tingkat SD dan lomba gending Bali dengan pupuh Sinom Pangkur tingkat SMP se-Kabupaten Bangli. Peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan bekerjasama dengaan perpustakaan seluruh Bali. Sumatra mengatakan, Kabupaten Bangli sebagai juara II lomba Perpustakaan Umum terbaik (Desa/Kelurahan) Kabupaten/Kota se-Bali, SMPN 2 Kintamani meraih juara I lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP Kabupaten/Kota se-Bali dan juara II lomba Gending Bali Sinom Pangkur tingkat SMP se-Bali yang diraih oleh I Wayan Sindu dari SMPN 3 Kintamani.

Bupati Bangli, I Made Gianyar, mengatakan kesuksesan berawal dari kepintaran. Penyebab orang pintar karena rajin membaca. “Saya berharap budaya baca masyarakat Bangli semakin tinggi, baca buku apa saja yang memberikan pengetahuan meski di luar keilmuan yang ditekuni,” pintanya. Menurutnya, jika orang tua ingin anak rajin membaca, maka orang tua juga mencontohkan dengan ikut membaca. *es

Komentar