nusabali

Liga Askab Jaring Tim Porprov Buleleng

  • www.nusabali.com-liga-askab-jaring-tim-porprov-buleleng

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Buleleng, menggelar Liga Asosiasi Kabupaten (Askab), siapkan tim sepakbola untuk  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali, 2019 mendatang.

SINGARAJA, NusaBali

Sebanyak 22 klub ambil bagian dalam laga yang pembukaannya digelar di Stadion Mayor Metra, Selasa (25/9) sore.  Acara pembukaan dihadiri Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Asisten III Setda Buleleng Ketut Asta Semadi, Ketua Departemen Kompetisi Asprov PSSI Bali Anom Pranata, Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana, serta sejumlah kepala dinas.

Tahun ini, PSSI Buleleng langsung menggelar tiga strata kompetisi. Yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.Ketua Umum Askab PSSI Buleleng, Gede Suyasa mengungkapkan, tahun ini PSSI memilih menggelar kompetisi dengan format liga. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang diselenggarakan dalam bentuk turnamen. Dengan mekanisme liga, maka persaingan antar klub menjadi setara dan sesuai dengan kualitas. Sehingga prestasi klub bisa makin berkembang.

Pada liga kali ini, PSSI Buleleng menerapakan batasan umur. Pemain yang merumput maksimal berusia 22 tahun (U-22). “Karena di Porprov tahun depan batasan umurnya U-23, di sini kami berlakukan U-22. Tahun depan, siapa pun yang terpilih dalam tim porprov, selama mereka bermain di liga ini bisa dipastikan tidak ada masalah secara umur,” kata Suyasa.

Ketua Umum KONI Buleleng, Nyoman Artha Widnyana mengapresiasi langkah PSSI Buleleng menggelar liga. Dirinya berharap lewat liga PSSI Buleleng akan muncul atlet-atlet yang bisa memperkuat Buleleng untuk event yang lebih tinggi. Baik itu dalam kompetisi sepakbola di PSSI, maupun pada ajang multi event seperti Porprov.

"KKamiharap di Tabanan, mudah-mudahan sepakbola Buleleng bisa meraih medali. Tahun lalu memang nasib saja yang kurang beruntung. Saya yakin sekali, dengan kekuatan seperti sekarang ini, kita bisa bangkit meraih prestasi,” ujar Artha.

Sementara itu Asisten III Setda Buleleng, Ketut Asta Semadi berharap pemain yang berkompetisi bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya serta menjunjung asas fair play yang jadi jargon sepakbola dunia. Dirinya juga berharap agar pertandingan yang dilakukan bisa menumbuhkan rasa persahabatan antar pemain.

“Dalam setiap pertandingan kita mendengar istilah sportivitas.  Sementara itu pertandinganperdana Liga Askab PSSI Buleleng mempertemukan tim Putra Selayar Kampung Baru dengan Taruna 99 Celukan Bawang, yang menghuni Liga 1. Pertandingan itu dimenangkan Putra Selayar dengan skor 3-0. Gol dari Putra Selayar dicetak oleh Dody Aldino Saputra pada menit ke-33, Joni Arta Santosa pada menit ke-35, serta I Komang Karianta pada menit ke-40. *k23

Komentar