nusabali

Survei, Basis PD Malah Pilih Jokowi-Ma'ruf

  • www.nusabali.com-survei-basis-pd-malah-pilih-jokowi-maruf

Indikator Politik Indonesia menganalisis pilihan basis partai politik Indonesia ke capres-cawapres pada Pilpres 2019.

JAKARTA, NusaBali
Ada hasil yang bikin kaget, yakni basis Partai Demokrat (PD) memilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) yang diusung partai.

Survei digelar dengan wawancara langsung dalam kurun 1-6 September 2018. Metodologi survei adalah multistage random sampling dengan bertanya kepada warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu. Margin of error survei sebesar kurang-lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Total responden 1.220.

Survei dibacakan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi di kantornya, Jl Cikini V Nomor 15A, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/9). Burhanuddin menyebut, dari partai koalisi Jokowi-Ma'ruf, hanya basis PDIP, PKB, dan NasDem yang solid mendukung Jokowi-Ma'ruf. Basis Golkar, PPP, dan Hanura terbelah.

Sementara itu, di kubu Prabowo-Sandi, hanya basis Partai Demokrat yang tak sejalan dengan keputusan partai mengusung Prabowo-Sandi. Separuh basis Partai Demokrat memilih Jokowi-Ma'ruf. Menanggapi hasil survei ini, Demokrat yang mengusung Prabowo-Sandiaga mempertanyakan hasil analisis Indikator ini. Ketua DPP PD, Jansen Sitindaon menduga, hasil analisis tersebut berdasarkan beberapa kabar dukungan kepala daerah ke Jokowi-Ma'ruf. Hal itu yang disebut Jansen terpotret Indikator Politik Indonesia.

"Namun angkanya ini yang menurut kami kebesaran. Bisa sampai 53 persen gitu dukung Pak Jokowi," kata Jansen, Rabu kemarin dilansir detik.com. Jansen mengatakan akan menanyakan langsung perihal hal itu kepada pihak Indikator Politik Indonesia. Terutama, terkait daerah mana saja yang dijadikan sebagai sampel untuk analisis tersebut.

"Apa sampelnya ini mayoritas mereka ambil di Papua, NTT, Sulawesi Utara, Sumatera Utara dan Jatim kah? Kalau sampelnya dari sana, keadaan saat ini ya mungkin angkanya memang segitu. Karena daerah-daerah itu, sejak polling yang diadakan DPP dulu juga preferensinya politiknya sudah mengarah ke Jokowi," tuturnya.

Jansen memastikan partainya akan lebih masif untuk meminta kadernya memenangkan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019. Selain itu, PD juga akan kembali menjelaskan sikap partainya pada kontestasi pilpres mendatang. *

Komentar