nusabali

Gaji Kaling Cair 8 Bulan

  • www.nusabali.com-gaji-kaling-cair-8-bulan

Gaji Kepala Lingkungan (Kaling) di Bangli akhirnya cair setelah berbulan-bulan macet.

BANGLI, NusaBali
Kaling definitif menerima gaji Rp 2,8 juta, sedangkan Kaling persiapan menerima gaji Rp 2,6 juta per bulan. Para Kaling menerima gaji rapelan untuk 8 bulan.

Camat Bangli, I Wayan Wardana, mengatakan gaji para Kaling sudah cair pada 19 September lalu. Gaji yang diterima mulai dari Januari hingga Agustus, untuk September masih dalam proses. "September diberikan pada bulan Oktober. Sesuai dengan aturan paling lambat gaji dibayarkan pada tanggal 10," ungkapnya Kamis (27/9).

Diterangkan, Kaling definitif 22 orang dan Kaling persiapan 5 orang yang tersebar di Kelurahan Kawan, Kelurahan Bebalang, Kelurahan Cempaga, dan Kelurahan Kubu. Kaling definitif menerima gaji selama 8 bulan sebesar Rp 22.400.000 dan Kaling persiapan Rp 20.800.000. "Gaji langsung masuk rekening masing-masing kaling. Kebetulan Kamis pagi kami sudah mengumpulkan para kaling untuk mengingatkan kaitanya dengan hak dan kewajibanya," sebutnya. Dana  yang diamprah untuk gaji Rp 591.200.000.

Camat Wardana menyebutkan, jika kelengkapan para Kaling sudah rampung, proses pengamprahan tidak butuh waktu lama. "Salah satu berkas-berkas absensi harus dilengkapi. Kalau kelengkan kurang pasti pengamprahan jadi terlambat. Kalau mau cepat maka kewajiban juga dipenuhi," sambungnya. Terkait keterlambatan yang berlangsung berbulan-bulan, Camat Wardana mengatakan akibat peralihan pendanaan. "Uang ada hanya saja ada mekanisme yang harus dilalui untuk pencairannya. Karena sebelumnya dana dikelola di Setda kemudian diserahkan ke kecamatan," jelasnya.

Camat Wardana menambahkan sebelumnya gaji Kaling, insentif bendesa dan kelian banjar adat menjadi satu, namun setelah ada peralihan untuk insentif bendesa dan kelian  banjar adat jadi kewenangan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. "Informasi yang kami dengar insentif bendesa belum turun, untuk kepastian dikoordinasikan langsung di Dinas Pariwisata," tegasnya. *es

Komentar