nusabali

Anggaran Pemilihan Jegeg Bagus Bangli Rp 116 Juta

  • www.nusabali.com-anggaran-pemilihan-jegeg-bagus-bangli-rp-116-juta

Anggaran pemilihan Jegeg Bagus Bangli tahun 2018 sebesar Rp 116 juta.

BANGLI, NusaBali
Jumlah itu disebut minim dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Meski minim anggaran, panitia optimis bisa melaksanakan seleksi dengan baik untuk melahirkan duta wisata dan budaya kabupaten Bangli.  Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli, I Wayan Merta, mengatakan anggaran pemilihan Jegeg Bagus Bangli tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu yang jumlahnya Rp 98 juta. Meski sudah ditingkatkan menjadi Rp 116 juta tetap minim. Beruntungnya kegiatan pemilihan Jegeg Bagus ada sponsornya. "Kalau tidak ada sponsor berat," ungkapnya, Kamis (27/9). Dikatakan, jika hanya mengandalkan dana  pemerintah jelas tidak maksimal. Make up dan busana ada sponsornya. "Make up dan busana satu orang menghabiskan jutaan. Bila tidak ada sponsor anggaran hanya cukup untuk tata rias saja," imbuhnya.  

Diakui, untuk seleksi Jegeg Bagus Bangli awalnya direncanakan pada bulan Agustus namun karena ada kegiatan lain, pelaksanaannya mundur. Targetnya, kegiatan dilaksanaan pada bulan Oktober sehingga pada akhir bulan sudah terpilih Jegeg Bagus Bangli yang akan menjadi duta wisata Bangli. “Kami sebetulnya sudah bersurat ke sekolah-sekolah baik SMA/SMK. Beberapa sekolah sempat menghubungi kami menanyakan pelaksanaan seleksi," ujarnya.

Wayan Merta menambahkan, nantinya sekolah bisa mengirimkan siswa siswi terbaiknya. Tidak hanya itu, mahasiswa juga banyak yang ikut daftar. "Peserta yang mau daftar usia 16-24 tahun, belum kawin," terangnya. Pihaknya pun membeberkan kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi yakni asli Bangli. Syarar Bagus tinggi minimal 165 centimeter, Jegeg 160 centimeter. “Peserta dituntut berpenampilan menarik, memiliki wawasan luas, menguasai bahasa daerah dan bahasa asing minimal bahasa Inggris. Ke depan mereka menjadi duta wisata. Kalau tidak bisa berbahasa asing bagaimana mempromosikan wisata pada wisatawan manca negara,” jelasnya.

Disampaikan, tahun lalu peserta yang mendaftar sebanyak 210 orang, beberapa kali tahapan seleksi sehingga terpilih 10 pasang putra-putri terbaik dan terpilih Jegeg Bagus Bangli dan runer up I dan II.  "Jegeg Bagus siap tidak kawin selama menjalankan tugas yakni selama setahun," ujarnya. Wayan Merta menekankan, peserta yang bisa mendaftar adalah orang Bangli. Beberapa persoalan ditemukan pada seleksi sebelumnya ada beberapa orang luar yang ingin mendaftar, yang bersangkutan mencari domisili. "Panitia tidak menerima pendaftaran yang bersangkutan, mereka baru mau mendaftar, baru mengurus domisili," tegasnya. *es

Komentar