nusabali

Gas Bocor, Warung Bubur dan Toko Sembako Ludes

  • www.nusabali.com-gas-bocor-warung-bubur-dan-toko-sembako-ludes

Peristiwa kebakaran terjadi di warung bubur ayam khas Jakarta dan toko sembako yang terletak di Jalan Raya Kuta, Badung pada Jumat (28/9) sekitar pukul 13.15 Wita.

DENPASAR, NusaBali
Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran itu. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. Penyebab kebakaran tersebut lantaran kebocoran pada tabung gas. Informasi yang dihimpun, sumber api yang menyebabkan warung dan toko dilalap api ketika dua karyawan warung makan bubur ayam khas Jakarta sedang beraktifitas di dapur. Saat itu, dua karyawan masing-masing bernama Muhtah Khaqqul, 20, dan Rizky Okta Pratama, 17, hendak memasang tabung gas 3 Kg yang sudah habis. Apesnya, saat membuka regolator dan mengisi tabung gas yang baru, keduanya lupa mematikan kompor yang kebetulan masih menyalah disalah satu tungku yang letaknya sekitar 50 cm. “Akibatnya, api yang dikompor langsung menyambar gas yang ada dibawanya. Seketika api membesar dan merembet diseluruh dapur,” beber petugas kepolisian di Polsek Kuta, Jumat (28/9) sore.

Kedua pekerja ini berusaha memadamkan api dengan peralatan sederhana. Namun, api justru dengan cepat membesar. Karena kewalahan menangani api yang sudah menyambar plafon bangunan, kedua pemuda tersebut langsung melarikan diri dan meminta bantuan warga. “Kedua karyawan ini langsung teriak-teriak minta tolong, kemudian warga menghubungi pemadam kebakaran BPBD Badung. Barulah sekitar 15 menit kemudian petugas tiba di TKP dan memadamkan api,” urainya.

Petugas yang diperkuat dengan tiga unit mobil pemadam kebakaaran berjibaku menjinakan api yang sudah mulai menjalar ke toko sembako milik IB Rai Santra yang bersebelahan. Bahan banguna yang mudah terbakar membuat petugas sedikit kewalahan langtaran api dengan cepat menjalar. “Kalau api berhasil dijinakan sekitar 45 menit kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta,” imbuhnya.

Kanit Reskrim Polsek Kuta, Iptu I Putu Ika Prabawa menerangkan, penyebab kebakaran tersebut karena kelalaian dua karyawan warung makan bubur khas Jakarta milik Nur Jamin yang melakukan pergantian regulator tabung gas. Saat ini, keduanya masih menjalani pemeriksaan tim. Setelah api dipadamkan, petugas Inafis dikerahkan untuk melakukan olah TKP. “Kalau penyebabnya memang karena kebocoran tabung gas itu,” tuturnya seraya mengaku masih melakukan pendataan pasti trkait total kerugian yang disebabkan oleh kebakaran itu. *dar

Komentar