nusabali

SMK di Karangasem Mengawali Prakerin

  • www.nusabali.com-smk-di-karangasem-mengawali-prakerin

Sebanyak 420 siswa kelas XII SMKN Amlapura mengawali melakukan prakerin (praktek kerja industri) sejak 12 Juli 2018. Prakerin berakhir paada 12 Oktober 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Mereka melaksanakan prakerin selama satu bulan.  Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana, mengungkapkan dari 420 siswa itu, program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 17 siswa, program Jasa Boga (JB) 148 siswa, Akomodasi Perhotelan (AP) 179 siswa, Teknik Sepeda Motor 10 siswa, dan program keperawatan 66 siswa. Semua siswa menyebar, untuk TKR dan TSM di bengkel-bengkel yang telah direkomendasikan. Sedangkan Jasa Boga dan Akomodasi Perhotelan di hotel dan restoran yang telah menjalin kerjasama. Khusus untuk keperawatan prakerin di RSUD Karangasem tersebar di semua sal dan UGD.

Ketua Program Studi Keperawatan, Ni Luh Putu Eni Sutrisnawati, mengoordinasikan 66 siswa. Sebelum prakerin mesti mematangkan praktek di sekolah. SMKN Amlapura telah memiliki ruangan rawat inap dengan didukung 5 bad, tersedia patung plastik lengkap dengan organ tubuh, sebuah kursi roda, dan bad dorong. “Kami mematangkan dulu praktek di sekolah agar di lapangan tidak gugup menghadapi pasien yang sebenarnya,” ungkap Ni Luh Putu Eni Sutrisnawati, Jumat (28/9).

Wayan Artana mengatakan, bukan saja program keperawatan mematangkan persiapan di sekolah melalui beberapa kali praktek, program lainnya juga demikian. “Misalnya AP dan JB yang melayani wisatawan di restoran dan hotel, mesti matangkan dulu prakteknya di sekolah. Makanya ada istilah SMK bisa, artinya siap kerja,” terangnya. Direktur RSUD Karangasem, I Wayan Suardana, membenarkan menerima sejumlah siswa melakukan magang di wilayah kerjanya, “Memang ada perjanjian kerjasamanya, lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya,” jelas Wayan Suardana.

Terpisah, Kasek SMK Widya Wisaya Graha Amlapura, Ni Nyoman Supadmi, juga tengah melaksanakan prakerin melibatkan 142 siswa kelas XII program akomodasi perhotelan. “Prakerin sedang berjalan, tersebar di beberapa hotel yang selama ini kami ajak kerjasama,” jelas Nyoman Supadmi. Sedangkan di SMK Giri Pendawa di Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, menurut Wakasek Kesiswaan I Komang Warsa, bahkan telah tuntas menjalankan prakerin semester I semasih duduk di kelas XI diikuti 196 siswa, program teknik komputer jaringan sebanyak 10 siswa dan akomodasi perhotelan sebanyak 186 siswa. “Begitu naik kelas XI, langsung melakukan prakerin, agar saat kelas XII lebih konsentrasi belajar,” katanya. *k16

Komentar