nusabali

Festival Danau Batur Macet

  • www.nusabali.com-festival-danau-batur-macet

Festival Danau Batur, Kintamani sudah tiga tahun tidak terlaksana. Festival yang diharapkan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bangli terakhir digelar pada tahun 2015. Macetnya penyelenggaraan festival ini akibat nihil anggaran.

BANGLI, NusaBali

Sebab Pemkab Bangli lebih fokus pada penataan destinasi objek wisata.   Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli, I Wayan Merta, tidak mengakui jika penyelenggaraan Festival Danau Batur terbentur anggaran. Festival Danau Batur digelar pertama kali pada bulan Oktober 2011 dan terakhir September 2015. “Sudah tiga  tahun absen. Sejatinya festival ini punya peran startegis dalam mempromosikan pariwisata Bangli,” ungkap Wayan Merta, Minggu (30/9). Dikatakan, Festival Danau Batur yang pertama terselenggara berkat kerjasama Pemkab Bangli dengan Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata. Adapun alasan lain tiga tahun festival ini absen karena Pemkab Bangli lebih fokus membenahi destinasi yang ada.

Wayan Merta mencontohkan penataan di Objek Wisata Penelokan. “Menurut Bapak Bupati, setelah  pembenahan destinasi rampung, Festival Danau Batur digelar kembali dan dikemas lebih menarik,” ujarnya. Festival Danau Batur menampilkan beragam atraksi budaya yang tujuannya menarik wisatawan ke Danau Batur dan Bangli. *es

Komentar