nusabali

Bus Siswa SMP Kecelakaan di Tol Brebes, 4 Tewas

  • www.nusabali.com-bus-siswa-smp-kecelakaan-di-tol-brebes-4-tewas

Bus pariwisata Agam Tungga Jaya yang membawa rombongan siswa SMPN 1 Pulokulon, Grobogan Jawa Tengah mengalami kecelakaan di ruas tol Pejagan-Kanci, Senin (1/10) dinihari.

BREBES, NusaBali
Akibat kejadian ini, 4 penumpang tewas dan 14 luka-luka. Kecelakaan terjadi pada ruas tol Pejagan - Kanci km 236.800, pukul 00.30 WIB. Lima bus pariwisata Agam Tungga Jaya membawa rombongan siswa asal SMPN 1 Pulokulon, Grobogan, melaju ke arah Jakarta untuk study tour.

Saat sampai di lokasi, bus dengan Nopol AE 7277 UP yang berada di urutan terakhir oleng ke luar badan dan masuk ke parit. Akibat kejadian ini, 4 siswa SMPN 1 Pulokulon, Grobogan, tewas dan 14 lainnya luka luka. Korban meninggal langsung dibawa ke ruang jenazah RS Gunung Jati dan korban luka dilarikan ke RS Plumbon Cirebon.

Korban yang mengalami luka-luka saat ini masih mendapatkan perawatan di RS Plumbon Cirebon. Salah seorang penumpang, Atika Arifani, mengalami luka pada bagian kepalanya.

Atika mengatakan sebelum mengalami kecelakaan, bus sempat berhenti sebentar. "Teman-teman ada yang tidur. Sempat berhenti. Kemudian jalan, terus kecelakaan," kata Atika saat ditemui di RS Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Senin (1/10).

Menurut dia, bus sempat goyang-goyang dan oleng. Bus ditumpanginya pindah jalur kemudian terguling. Sebelum terguling, Atika mengaku mendengar suara ledakan yang kencang.

"Katanya tuh ban busnya pecah. Terus oleng. Saya duduk di bagian belakang. Kepala terbentur bagian bawah bus saat jatuh," kata Atika.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP M Rikha Zulkarnaen, membenarkan jumlah korban dalam kecelakaan ini sebanyak 4 orang.

"Identitas masih simpang siur jadi masih mengumpulkan keterangan. Tapi dari 48 penumpang yang selamat ada 44. Berarti 4 meninggal," ujar Kasat Lantas dilansir detik.

Dijelaskan Kasat, dalam setiap rombongan bus terdapat penumpang yang terdiri dari 41 siswa, 2 guru, 2 biro dan 2 sopir.

Dugaan sementara, kecelakaan ini akibat kurang hati-hatinya pengemudi. Saat mengemudikan kendaraan, sopir Adi Sanjaya mengantuk dan tidak dapat mengendalikan bus yang dikemudikan. "Sehingga bus masuk ke areal persawahan dan parit," imbuhnya.

Kecelakaan ini masih dalam penanganan Polres Brebes. Sopir bus yang merupakan warga Desa Suratmajan RT 05 RW 1 Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Jawa Timur telah diamankan dan dimintai keterangan. Akibat kecelakaan ini, rombongan siswa SMPN Pulokulon 1, Grobogan yang hendak study tour ke Jakarta dibatalkan.

"Tadi saya dapat kabar, (bus) masih di rest area. Bahkan ada rencana balik arah pulang ke Grobogan karena ada kecelakaan," ungkap Kasat Lantas, Senin (1/10). *

Komentar