nusabali

Pertama di Indonesia, Dinas LHK Badung Raih 2 Sertifikasi ISO Sekaligus

  • www.nusabali.com-pertama-di-indonesia-dinas-lhk-badung-raih-2-sertifikasi-iso-sekaligus

Kabupaten Badung meraih dua sertifikasi, International Organization for Standardization (ISO) 9001 tahun 2015 di bidang Sistem Manajemen Mutu dan ISO 140001 tahun 2015 di bidang Sistem Manajemen Lingkungan.

MANGUPURA, NusaBali
Dua sertifikat ISO ini diserahkan oleh perwakilan Q International Consulting Edy Putrajati kepada Bupati Badung diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik I Ketut Martha, di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Rabu (3/10).

Edy Putrajati mengatakan penyerahan ISO ini merupakan output dari evaluasi yang dilakukan Team Assessor dari International Accreditation Service (SIS) Certifications Pvt, Ltd, lembaga sertifikasi internasional yang berkantor di 7Prince Street Hicksvilce, New York, USA, terhadap tata kelola pelayanan publik Dinas LHK Badung pada Juli – Agustus 2018.

Menurut dia, pada umumnya satu jenis Sertifikat ISO diserahterimakan pada satu organisasi saja atau satu jenis ISO diserahkanterimakan kepada banyak organisasi secara kolektif. Namun penyerahan ISO kepada Dinas LHK Badung merupakan momen istimewa karena pertama kalinya diserahkan dua jenis ISO kepada satu instansi pemerintah Indonesia yaitu Dinas LHK Badung.

“Pencapaian dua pengakuan internasional dalam waktu bersamaan tidak lah mudah. Ini hanya bisa dicapai oleh organisasi yang memiliki leadership yang hebat dan piawai,” tegasnya.

Edy Putrajati mengatakan, pencapaian Dinas LHK Badung ini adalah babak baru dalam perjalanan sejarah pelayanan publik di Indonesia dan Pemkab Badung, Bali, khususnya. “Oleh karena itu, kami menyampaikan selamat dan sukses atas raihan prestasi yang cemerlang dalam bidang sistem manajemen lingkungan dan sistem manajemen mutu pelayanan publik ini. Kami juga berharap seluruh stakeholder tidak hanya mendukung Dinas LHK Badung dalam mewujudkan green dan clean environment tetapi juga memberikan kontribusi yang besar terhadap setiap upaya lintas batas negara dalam menyelamatkan bumi dan pelestarian lingkungan,” tandasnya.

Kepala Dinas LHK Badung I Putu Eka Merthawan menyampaikan penyerahan ISO ini merupakan kado terindah dari Dinas LHK Kabupaten Badung menyambut HUT ke–9 Mangupura pada 16 November nanti. ISO ini adalah cermin pariwisata yang berbasis dunia. ISO ini adalah cermin dari SOP (standard operating procedures) dan kinerja Dinas LHK Badung secara sustainable untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang semakin baik di masa mendatang. “ISO ini akan kami jadikan role model bagi komponen pariwisata lainnya maupun komponen masyarakat untuk selalu meningkatkan kualitas dengan indikator yang terukur,” ujar Merthawan.

Sedangkan Ketut Martha menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dinas LHK Badung karena berhasil meraih dua ISO sekaligus. Menurutnya, ini membuktikan kerja keras Dinas LHK Badung untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat dan nyaman. *asa

Komentar