nusabali

PUPR Fokus Perbaikan Jalan Rusak 1,3 Kilometer

  • www.nusabali.com-pupr-fokus-perbaikan-jalan-rusak-13-kilometer

Dapat Tambahan Dana Infrastruktur

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mulai fokus pengerjaan jalan rusak sepanjang 1,3 kilometer, pasca mendapat tambahan dana yang bersumber dari bagi hasil pajak dari Pemprov Bali. PUPR mendapat tambahan dana sebesar Rp 1,1 miliar, dari total dana bagi hasil pajak sebesar Rp 3,1 miliar, yang diberikan Pemprov Bali saat verifikasi APBD Perubahan 2018. Bagi hasil pajak itu bersumber dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Kepala Dinas PUPR Buleleng, Ketut Suparta Wijaya Kamis (4/10) mengatakan, tambahan dana sebesar Rp 1,1 miliar itu telah dialokasikan untuk perbaikan beberapa kerusakan jalan, di antaranya Jalan Gunung Rinjani Singaraja, kawasan jalan Pantai Penimbangan, dan beberapa lokasi lainnya. Kerusakan jalan itu sudah masuk dalam kajian untuk segera mendapat penanganan.”Program kami adalah memperbaiki jalan kabupaten yang rusak parah dan membutuhkan penanganan segara. Dari dana tambahan itu, sekitar 1,3 kilometer jalan rusak yang dapat kita perbaiki. Lokasinya itu menyebar yang jelas ada di kota sampai di desa-desa,” jelasnya.

Terkait waktu pelaksanaan proyek, Suparta Wijaya menjamin pelaksanaan proyek perbaikan jalan di pertangahan tahun ini akan tuntas sampai tutup tahun anggaran tiga bulan ke depan. Alasannya, perbaikan jalan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Apalagi, beberapa paket proyek perbaikan jalan pada masa perubahan anggaran ini sifatnya perbaikan sedang.

Sementara itu, terkait mekanisme pelaksanaan kegiatannya, Suparta Wijaya menyebut beberapa paket proyek ada yang melalui pengumuman lelang di Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Barang Jasa Pemerintah Daerah dan ada yang dengan mekenisme kpenunjukan langsung. “Sampai tutup tahun anggaran nanti saya kira cukup untuk menuntaskan perbaikan jalan di daerah kita. Sebab, dari pengalaman, umumnya proyek perbaikan jaan bisa dilakukan dengan waktu cepat, sehingga saya pastikan tidak ada proyek yang molor sampai akhir tahun angagran,” katanya. *k19

Komentar