nusabali

Hajar Spurs di Wembley, Barca Jawab Keraguan

  • www.nusabali.com-hajar-spurs-di-wembley-barca-jawab-keraguan

Barcelona menjawab keraguan dan sorotan minor pada tiga laga terakhir di La Liga. Lionel Messi dkk.

LONDON, NusaBali

bangkit dari tidur dan menghajar tuan rumah Tottenham Hotspurs 4-2 pada matchday 2 Grup B Liga Champions, di Stadion Wembley, Kamis (4/10) dinihari Wita. Pada laga tandang itu, empat gol Barca dicetak Philippe Coutinho menit ke-2, Ivan Rakitic (28), dan Messi (56, 90). Sedangkan dua gol Spurs dibuat Harry Kane (52) dan  Erik Lamela (66).

Opta mencatat, gol Rakitic itu menandai gol ke-600 Barca di Liga Champions termasuk saat masih bernama Piala Eropa sebelum 1992. Sedangkan gol pertama Barca di Liga Champions tercipta 59 tahun lalu atau pada September 1959 saat melawan CSKA Sofia, atas nama Joan Segarra dalam hasil akhir 2-2.

Dengan kemenangan itu, Barca sempurna di dua laga Liga Champions. Los Cules memimpin Grup B dengan enam poin, unggul selisih gol atas Inter Milan juga nilai 6. PSV Eindhoven di posisi tiga, karena memiliki selisih gol lebih baik atas Spurs, dan sama-sama belum meraih angka.

Tandang ke London, Barca berbekal tanpa kemenangan di tiga laga terakhir. Blaugrana diimbangi Girona dan Athletic Bilbao di kandang, serta tumbang di markas tim papan bawah, Leganes.

Penampilan tak meyakinkan tersebut membuat Barca disoroti banyak pihak. Tapi tim asuhan Ernesto Valverde itu menjawabnya dengan baik di Wembley. Valverde pun memuji respons para pemainnya usai bangkit dari periode penuh tekanan di La Liga.

Bahkan Barca tampil dominan, dengan menguasai bola 58%. Barca juga mencatat total 15 percobaan, dengan tujuh tembakan tepat target dan dua lainnya membentur tiang gawang. Sedangkan Spurs memiliki sembilan tembakan, lima diantaranya ke gawang.

"Laga sangat menegangkan dan banyak kesempatan mengubah skor. Ini laga yang sulit melawan tim yang sulit. Ini laga kunci, karena digelar di Wembley dan lawan Tottenham Hotspur. Saya harap suporter gembira dengan para pemain," ujar Valverde, dilansir situs UEFA.

Lebih lanjut, Valverde merasa kemenangan atas Tottenham ini akan menjadi kunci laju bagus Barca di Liga Champions musim ini. Dia menilai saat ini Barca punya peluang besar lolos dari fase grup.

Sementara itu, pelatih Spurs Mauricio Pochettino merasa laga ini berjalan sulit bagi timnya sejak Barca unggul cepat di menit ke-2, lalu skor menjadi 2-0 untuk Barca di akhir babak pertama.

Menurut Pochettino, melawan tim sekelas Barca bukanlah hal mudah, terlebih jika timnya tertingal saat pertandingan baru dimulai. Namun ia tetap merasa bangga dengan perjuangan para pemainnya pantang menyerah. *

Komentar