nusabali

Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Tak Sebar Hoak

  • www.nusabali.com-bawaslu-ingatkan-peserta-pemilu-tak-sebar-hoak

Ketua Bawaslu RI, Abhan mengingatkan semua pihak untuk hati-hati dan tidak menyebarkan berita bohong atau hoak.

JAKARTA, NusaBali
Hal itu dikatakan Abhan menanggapi penyebaran hoaks penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet yang juga anggota pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Setelah kebohongannya terkuak, Ratna diberhentikan dari tim pemenangan pasangan nomor urut 02 itu. “Ya hati-hati ya. Jangan sebar informasi hoaks. Dan janganlah memproduksi dan jangan menyebarkan informasi yang hoaks,” ujar Abhan, di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Sebelumnya, beredar kabar Ratna Sarumpaet dianiaya di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, pada 21 September 2018. Sejumlah politisi membagikan kabar ini.

Capres Prabowo Subianto juga menggelar jumpa pers dan mengecam tindakan penganiayaan seperti diakui Ratna Sarumpaet. Informasi ini kemudian dikroscek oleh kepolisian dan tak ditemukan bukti adanya tindakan penganiayaan terhadap Ratna.

Pada Rabu (3/10), Ratna mengakui bahwa dia berbohong. Pada masa kampanye saat ini, Abhan berharap, peserta Pemilu 2019 menggunakan cara-cara yang positif. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan suatu kampanye yang memberikan pendidikan politik kepada rakyat.

“Harapan kami ya pemilu ini, menggunakan cara-cara kampanye yang baik. Gunakan metode kampanye yang baik dan gunakan cara-cara yang baik dan mendidik untuk pendidikan politik kepada masyarakat,” kata Abhan dilansir kompas.com. “Kami percaya parpol peserta pemilu dan tim kampanye bisa melakukan kampanye yang mendidik. Kampanye yang tidak melanggar, tidak saling menjelekkan,” lanjut dia. *

Komentar