nusabali

Tabanan Wajib Miliki Tiga Trek Panjat Tebing

  • www.nusabali.com-tabanan-wajib-miliki-tiga-trek-panjat-tebing

Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika meminta tuan rumah Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan segera membangun tiga trek atau lintasan panjat tebing.

DENPASAR, NusaBali

Sebab sampai saat ini Yudi Atmika belum melihat pembangunan ketiga venue tersebut.  "Dalam setiap event Porprov, selalu ada tiga lintasan. Termasuk tuan rumah Porprov sebelumnya juga begitu. Saya hanya mengingatkan dan wajib memiliki tiga lintasan panjat tebing," ucap Putu Yudi Atmika, Jumat (5/10).

Menurut Yudi Atmika, selaku tuan rumah selalu menyiapkan lintasan tersebut. Kenapa wajib tiga lintasan karena itu untuk perlombaan nomor lead, speed dan boulder. Ketentuannya, di tiga nomor dan tiga lintasan itu, dipertandingkan sub-sub nomor di tiga nomor itu. Bahkan pihaknya sudah jemput bola. FPTI Bali pun ikut menyiapkan rancangan dan gambar dari lintasan itu sendiri. Kini tinggal kualitas lintasan itu tergantung dari pendanaan Tabanan.

"Kalau mau bikin bagus, sedang atau standar saja itu kan tergantung kemampuan dana dari Tabanan. Bagi kami lintasan itu secara umum harus memiliki standar nasional. Karena Porprov Bali ini acuannya ke pra-PON maupun PON nantinya,” tegas Yudi Atmika.

Wakil Sekretaris II KONI Bali itu juga menambahkan, karena Tabanan akan membangun sejak awal diharapkan lintasan itu bakal selesai tepat waktu, apalagi nantinya bakal dibangun pihak yang memang spesialisasi membuat lintasan panjat tebing. Dan itu sudah dilakukan daerah lainnya di Bali yang menjadi tuan rumah Porprov Bali.

"Jika lintasan selesai lebih awal nanti bisa dicoba sebagai Pra Porprov, sekaligus persiapan atlet Tabanan. Selama ini latihan tanpa ada papan panjat tebing. Masak latihan harus merayap di bawah. Ya harus di lintasan langsung. Kasihan sebagai tuan rumah atletnya malah tidak siap karena terganjal sarana tempat latihan," jelas Yudi Atmika. *dek

loading...

Komentar