nusabali

Desa Penarungan Pertama di Bali Menggelar Gerakan Desa Membaca

  • www.nusabali.com-desa-penarungan-pertama-di-bali-menggelar-gerakan-desa-membaca

Upaya Pemerintah Desa Penarungan untuk mencerdaskan generasi baru Indonesia khususnya  anak-anak di wilayah desa setempat dituangkan dalam sebuah gerakan yang diberi nama ‘Gerakan Penarungan Membaca’ dan merupakan kegiatan inovasi  yang dirancang  oleh pemerintah desa melalui APBDes tahun 2018.

Inovasi Meningkatkan Minat Baca

MANGUPURA, NusaBali
Dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali dalam hal ini diwakili oleh Kadis Perpustakaan Provinsi Bali, Kadis Perpustakaan  & Kearsipan Kabupaten Badung, pihak dari Kecamatan dan UPT Kecamatan Mengwi, jajaran Pemerintah Desa Penarungan, BPD, Bendesa Adat Penarungan, Kepala Sekolah, Relawan  Penarungan Membaca serta anak-anak Desa Penarungan menjadikan suasana semakin ramai di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Penarungan Sabtu (29/9). Antusias anak-anak Penarungan untuk mengikuti kegiatan ini begitu tinggi terbukti dari  jumlah kupon membaca selama sebulan di bulan September ini telah terkumpul sekitar 25.000 kupon dan ini menunjukan Perbekel Desa Penarungan, Ni Wayan Kerni, SH telah mampu menggerakkan anak-anak Desa Penarungan untuk gemar membaca.

Pendamping Literasi Gerakan Penarunagan Membaca, Ni Putu Suaryani, ST menyampaikan  budaya membaca itu hadir karena ada kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca ada jika ada rencana membaca secara rutin dan rutinitas dalam membaca itu penting sekali. Cara yang lebih efektif untuk meningkatkan minat dan daya baca menurut kami adalah membuat movement atau gerakan. Efek dari sebuah gerakan biasanya lebih cepat menyebar. "Movement kalau sudah menular maka akan unstoppable, sebab menularnya bukan karena perintah, dana, dan program tapi karena ada penularan dengan gerakan, efeknya akan meluas sekali seperti yang sekarang kita lakukan dengan ‘Gerakan Penarungan Membaca’ anak-anak desa Penarungan melakukan kegiatan ini dengan senang hati tanpa ada suatu paksaan terbukti kupon yang terkumpul melebihi target yang kita harapkan. Kegiatan Gerakan Penarungan Membaca menurut Kadis Perpustakaan Provinsi Bali yang turut hadir dalam kegiatan ini mewalili Wakil Gubernur Bali menyampaikan bahwa Desa Penarungan adalah desa pertama y
ang mengelola Gerakan Membaca dengan konsep kegiatannya membaca dan merangkum yang dituangkan dalan APBDes tahun 2018 dan dalam sambutannya juga menyampaikan harapannya  bahwa desa desa lain dapat mengikuti upaya yang dilakukan oleh Desa Penarungan, Kabupaten Badung dalam upaya meningkatkan minat baca anak.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadis Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani SH menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah Desa Penarungan dengan dilaksanakannnya Gerakan Penarungan Membaca dan berencana akan mendorong hal yang sama kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Badung dalam upaya untuk mewujudkan generasi Indonesia Cerdas, berkarakter dan berdaya saing.

Selain kegiatan penarikan kupon membaca periode September 2018 juga dilaksanakan kegiatan Penobatan Duta Baca Desa Penarungan dan Duta Baca Sekolah sebagai salah satu bentuk motivasi bagi anak-anak Desa Penarungan yang lain untuk bisa mengikuti jejak anak berprestasi ini untuk semakin giat dan gemar membaca.

Sandi Yana pemenang penghargaan Duta Baca Desa Penarungan periode September mengungkapkan rahasianya mampu mengumpulkan kupon sebanyak 515 kupon selama 1 (satu) bulan. Dalam penuturannya ia mengatakan sehari membaca buku kurang lebih 20 judul buku dan merangkum setiap harinya pagi dan malam hari. Bisa dibayangkan seandainya gerakan membaca ini dilakukan oleh semua anak-anak Indonesia adalah sebuah keniscayaan untuk membantu mendongkrak minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah. Adapun anak berprestasi lainnya yang memperoleh predikat Duta Baca Sekolah diantaranya I Kadek Dwi Praditya Putra dari SD No 2 Penarungan, Ni Kadek Natasya W dari SD No 3 Penarungan, Ni Putu Listya Dewi dari SD No 4 Penarungan, Ni Putu Putri Winata Sari dari SMP Swadhyaya dan kategori foto membaca terunik diraih oleh Ni Putu Namerta Kirana dari SD No 2 Penarungan

Perbekel desa Penarungan, Ni wayan Kerni, SH sangat meyakini bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak bagus bagi anak-anak Desa Penarungan untuk semakin giat membaca dan di tahun 2019 melalui APBDes 2019  telah berencana bekerjasama dengan BUMDes Penarungan untuk memberikan reward kepada setiap anak-anak Desa Penarungan pemilik kupon Penarungan Membaca sebagai bentuk motivasi agar anak gemar membaca. *

loading...

Komentar