nusabali

Dukung Pitra Yadnya Desa Adat Mengwi, Wabup Suiasa Serahkan Bantuan Rp 650 Juta

  • www.nusabali.com-dukung-pitra-yadnya-desa-adat-mengwi-wabup-suiasa-serahkan-bantuan-rp-650-juta

Desa Adat Mengwi, Kecamatan Mengwi, menggelar upacara Pitra Yadnya Kinembulan (mamukur) yang dirangkaikan dengan Manusa Yadnya (mapandes, mapetik) pada Soma Umanis Watugunung, Senin (8/10), di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Mengwi.

MANGUPURA, NusaBali
Upacara tersebut dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Panglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, PHDI Kabupaten Badung, Kapolsek Mengwi, Danramil Mengwi, Camat Mengwi beserta Tripika Kecamatan, Perbekel Mengwi, Paiketan Bendesa Adat se-Kecamatan Mengwi Mangu Kerta Mandala, Bendesa Adat Mengwi, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Mengwi, beserta tokoh masyarakat setempat.

Wabup Suiasa menyampaikan rasa bahagia karena krama Desa Adat Mengwi bisa bersatu untuk upacara Pitra Yadnya Kinembulan atau Nyekah massal. Menurutnya, nyekah secara bersama ini merupakan salah satu konsep yang memang ditawarkan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat untuk melunasi kewajiban sekala dan niskala kepada leluhur melalui upacara yadnya ini.

Sebagai bentuk dukungan dan motivasi pemerintah, Wabup Suiasa menyerahkan simbolis bantuan Pemkab Badung berupa rekening bank  sebesar Rp 650 juta kepada Bendesa Adat Mengwi AA Gelgel, serta Punia dari Panglingsir Puri Ageng Mengwi dan Paiketan Bendesa Adat se-Kecamatan Mengwi, Mangu Kerta Mandala.

Manggala Karya I Nyoman Sumerta melaporkan Karya Mamukur Desa Adat Mengwi adalah program rutin setiap tahunnya dan telah 4 kali digelar, tahun ini diikuti peserta mamukur sebanyak 56 puspa, mapetik 68 peserta, dan mapandes diikuti oleh 67 peserta.

Bendesa Adat Mengwi AA Gelgel menyampaikan terima kasih yang setinggi-tinginya kepada Pemkab Badung melalui Bupati Badung dan jajarannya telah membantu upacara Pitra Yadnya Kenimbulan, sehingga dapat berjalan lancar. “Kami mewakili krama Desa Adat Mengwi menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemkab Badung, yang telah memfasilitasi, sehingga upacara ini bisa berjalan lancar,” ujarnya. *asa

loading...

Komentar