nusabali

PAUD Cempaka Kids Terbakar

  • www.nusabali.com-paud-cempaka-kids-terbakar

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Cempaka Kids  di Lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem yang membawahi TK (Taman Kanak-Kanak) dan TPA (tempat penitipan anak) terbakar, Senin (8/10) pukul 18.15 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Dua ruang untuk TPA (tempat penitipan anak), dan bank sampah yang ada di lokasi itu ludes. Belum dihitung kerugian yang terjadi. Sebab-sebab kebakaran belum diketahui, tiba-tiba warga menyaksikan api telah berkobar menyebabkan warga di dekat PAUD Cempaka Kids kaget, berhamburan ke lokasi kejadian. Ada warga menghubungi petugas pemadam kebakaran ada yang memberikan bantuan seadanya.

Sebenarnya PAUD Cempaka Kids yang menempati lahan 20 are, melakukan aktivitas belajar mengajar sejak tahun 2015, dipimpin Ketua Yayasan Cempaka Kids yang juga Kasek PAUD Cempaka Kid Putu Suri Darmayanti. Selama ini PAUD Cempaka Kids tidak ada waker, sehingga tanpa penjagaan di malam hari.

PAUD Cempaka Kids juga bekerjasama dengan Yayasan Bali Kumara dipimpin Ni Made Laba Dwikarini. Yayasan Bali Kumara melakukan aktivitas di lokasi PAUD Cempaka Kids yang bergerak di bidang mengumpulkan barang bekas, sehingga di lokasi itu membangun bank sampah, gudang sampah, ruang administrasi dan gudang sembako.

Sebab, selama ini Yayasan Bali Kumara melayani masyarakat menjual sampah, uang hasil penjualannya ditabung. Setiap penjual barang bekas mendapatkan buku tabungan dari Yayasan Bali Kumara, di buku itu tercatat nominal tabungan hasil penjualan sampah. Bisa juga hasil penjualan sampah dibelanjakan langsung dengan ditukar sembako yang telah tersedia.

Sehingga beragam jenis barang bekas terkumpul di bank sampah, yang ditempatkan bagian belakang. Ternyata sore hari gudang bank sampah itu yang ludes terbakar, api juga menjalar dan membakar dua ruang TPA.

Kedatangan petugas pemadam kebakaran konsentrasi memadamkan kobaran api di bangunan TPA dan bank sampah. Ketua Yayasan Cempaka Kid sekaligus Kasek PAUD Cempaka Kids Putu Suri Darmayanti, sulit dihubungi karena shock melihat sekolahnya terbakar. Sedangkan suaminya I Nyoman Budiarta mengaku tidak mengetahui persis awal mula kebakaran terjadi. "Saya menduga ada bakar-bakar sampah di belakang PAUD Cempaka Kids, kemudian api merembet ke bank sampah," jelas Budiartawan.

Ketua Yayasan Bali Kumara Ni Made Laba Dwikarini, juga mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran. "Barang kami yang terbakar, berupa barang bekas, ruang administrasi, buku tabungan milik warga masyarakat, bank sampah dan gudang sembako," kata Ni Made Laba Dwikarini. Kapolsek Karangasem Kompol I Nengah Berata juga datang ke lokasi, belum dapat gambaran penyebab kebakaran itu. *k16

loading...

Komentar