nusabali

Pemkab Buleleng Bertekad Pertahankan WTP

  • www.nusabali.com-pemkab-buleleng-bertekad-pertahankan-wtp

Pemkab Buleleng kembali meraih penghargaan atas laporan pengelolaan keuangan daerah tahun 2017 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng pun bertekad meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah tahun 2018.  Penghargaan dari Kemenkeu diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Singaraja Slamet Mulyono, kepada Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Selasa (9/10) di Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan, Singaraja.

Bupati Agus Suradnyana mengungkapkan penghargaan dari Kemenkeu atas opini WTP merupakan yang keempat kalinya. Jika telah mencapai WTP lima kali berturut-berturut, penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan. Oleh karena itu, saat ini Pemkab Buleleng sedang berusaha keras dan bertekad untuk meraih opini WTP kelima kalinya. “Kami masih berusaha untuk mencapai hal tersebut. Namun ada hal yang berat disini yaitu laporan dana desa masuk ke laporan keuangan kabupaten sehingga saya terus berdiskusi dengan Dinas PMD,” jelasnya.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Bali ini menambahkan, dirinya terus mendorong Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melakukan pendampingan pengelolaan dana desa mengingat laporan pengelolaan dana desa masuk ke laporan keuangan kabupaten. Pendampingan diperlukan agar pengelolaan dana desa tidak menjadi masalah dan mendegradasi opini laporan keuangan kabupaten. Hal ini yang terus akan didorong untuk menghindari terdegradasinya opini. “Mudah-mudahan dengan penghargaan ini bisa menginspirasi para kepala desa untuk mengeluarkan kebijakan yang transparan sehingga reward dari Kementrian Keuangan bisa diraih,” imbuh Agus Suradnyana.

Slamet Mulyono mengatakan penyampaian penghargaan opini WTP atas LKPD ini dilakukan dalam audiensi yang digelar KPPN Singaraja kepada Bupati Buleleng. Atas capaian tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi dan penghargaan tersebut. Diharapkan nantinya, Pemkab Buleleng bisa mempertahankan opini WTP ini. “Saya menyampaikan apresiasi berupa penghargaan kepada Pemkab Buleleng atas opini WTP yang diraih. Semoga WTP ini bisa dipertahankan setiap tahun,” jelasnya.*k19

Komentar