nusabali

Modric Kembali Ancam Ronaldo dan Messi

  • www.nusabali.com-modric-kembali-ancam-ronaldo-dan-messi

Hanya trofi Balon d’Or yang bisa diperoleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi setelah kehilangan trofi Pemain Terbaik FIFA dan UEFA.

Kandidat Balon d’Or 2018 Diumumkan

PARIS, NusaBali
Striker  Juventus Cristiano Ronaldo masuk dalam daftar 30 nominasi untuk trofi Ballon d'Or, yaitu penghargaan pemain terbaik dunia versi majalah sepakbola Prancis. Penghargaan ini berbeda dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. Tahun ini trofi itu direbut oleh gelandang Madrid dan Kroasia Luka Modric, yang berpeluang mengawinkan penghargaannya dengan Ballon d'Or.

Ronaldo telah memenangi dua penghargaan terakhir atau lima kali secara keseluruhan, menyamai rekor bintang Argentina Lionel Messi yang juga masuk dalam daftar yang diumumkan, Selasa (9/10) dinihari WITA. Nominasi untuk kapten Timnas Portugal ini diumumkan hanya seminggu setelah pemain berusia 33 tahun itu membantah tuduhan pemerkosaan oleh seorang perempuan di pengadilan AS. Produsen pakaian olahraga Nike Inc dan perusahaan game video Electronic Arts Inc, dua perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Ronaldo, Kamis lalu menyatakan keprihatinan mereka atas kasus tersebut.

Real Madrid, klub juara Eropa mencatatkan delapan pemain dalam daftar nominasi, termasuk pemain tengah asal Kroasia Luka Modric dan penyerang asal Wales, Gareth Bale. Modric baru saja dianugerahi tropi Golden Ball sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2018 Rusia, dimana ia berhasil mengantar Kroasia sebagai runner-up.

Bulan lalu, Modric juga dianugerahi FIFA sebagai pemain terbaik pria. Sementara Bale, berjasa mencetak dua gol saat Real Madrid mengalahkan Liverpool di final Liga Champions beberapa waktu lalu. Tim nasional Perancis, juara Piala Dunia 2018 Rusia, menempatkan Paul Pogba, N'Golo Kante, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Raphael Varane dan kapten Hugo Lloris dalam daftar nominasi.

Ballon d'Or diselenggarakan oleh media olahraga top Prancis, France Football. Pemenangnya akan ditentukan oleh sebuah panel yang terdiri atas para jurnalis internasional, dengan satu wakil per negara. Ada tiga kriteria terpisah yang dinilai oleh panel. Pertama, performa kandidat selama satu tahun kalender; kemudian bakat dan fair play, dan terakhir pencapaian di sepanjang karier mereka.

Setiap panel akan memilih lima kandidat teratas. Kandidat pertama yang dipilih diberi enam poin. Kandidat kedua yang dipilih empat poin, kandidat ketiga tiga poin, keempat dua poin, dan kandidat kelima satu poin. Pemain yang menerima poin terbanyak dalam voting seluruh anggota panel akan menjadi pemenang Ballon d'Or 2018. Seandainya, ada kedudukan seimbang dalam perolehan poin maka pemain yang paling banyak ditempatkan sebagai pilihan pertama akan jadi pemenang. Demikian diwartakan Sky Sports.

Sebuah panel wartawan akan memilih pemenang Ballon d'Or yang berdiri sejak 1956 dan tahun ini untuk pertama kalinya juga akan memberikan penghargaan kepada pemain putri, yang dipilih dalam daftar 15 orang pemain. Pemenang penghargaan prestisius tersebut akan diumumkan pada 3 Desember mendatang di Prancis.*

loading...

Komentar