nusabali

DLH Kembangkan Tanaman Bambu

  • www.nusabali.com-dlh-kembangkan-tanaman-bambu

Tingkatkan Kualitas Sadar Lingkungan

GIANYAR, NusaBali

Bambu memiliki banyak manfaat. Selain untuk bahan bangunan, juga untuk alat kerja, bahan kerajinan dan dekorasi. Sedangkan rebung bambu bisa dijadikan sayur.  "Rebung bambu memiliki banyak khasiat dan sangat baik untuk kesehatan. Karena sayur rebung ini kaya protein, vitamin, dan mineral. Bisa juga untuk mengontrol kolesterol, memperkuat daya tahan tubuh, merangsang nafsu makan dan juga menurunkan darah tinggi," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar I Wayan Kujus Pawitra, Senin (8/10).

Kata dia, belakangan ini, DLH Gianyar telah memberikan bantuan bibit tanaman itu ke beberapa desa di Gianyar. Bantuan ini serangkaian Program Desa Sadar Lingkungan. Berbagai upaya dilakukan untuk pembinaan/Lomba Desa Sadar Lingkungan yang diikuti satu desa mewakili setiap kecamatan.

Kujus Pawitra mengakui, pohon bambu memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Hampir semua bagian dari bambu bisa dimanfaatkan. "Bambu juga sangat bermanfaat untuk kehidupan dan kelestarian lingkungan," jelasnya.

Dikatakanya, akar dari tanaman bambu dapat berfungsi sebagai penahan erosi guna mencegah bahaya banjir. Maka sangat tidak heran juga, jika ada beberapa jenis bambu yang akan tumbuh di pinggir sungai atau di pinggir jurang. "Maka, keberadaan tanaman bambu pada tempat tersebut juga memiliki peran yang sangat penting untuk mempertahankan kelestarian lokasi," jelasnya.

Kujus Pawitra mengatakan, akar tanaman bambu juga dapat berfungsi untuk menangani limbah beracun akibat keracunan merkuri. Bagian yang terdapat pada tanaman ini juga akan menyaring air yang terkena limbah, penyaringannya juga biasanya akan melalui serabut-serabut akar bambu tersebut. "Akar bambu juga mampu melakukan penampungan mata air sehingga sangat bermanfaat juga bagi manusia," ujarnya.

Lomba Desa Sadar Lingkungan, kata Kujus Pawitra, untuk mewujudnya wilayah desa pakraman yang bersih, sehat, lestari, dan indah sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana. Lomba juga untuk mendorong masyarakat dalam meningkatkan kebersihan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan desa pakraman. "Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan limbah padat (sampah) dan limbah cair. Juga mendorong kedisiplinan masyarakat dalam  mengendalikan pencemaran dan perusakan lingkungan hidup melalui pemantapan dan penegakan awig-awig," jelasnya.

Tujuan dari Desa Sadar Lingkungan untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih, sehat, lestari dan indah. Meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup secara mandiri. Mempertahankan identitas Bali sebagai Pulau Taman yang berlandaskan Tri Hita Karana. ‘’Serta, mewujudkan Bali Bersih dan Hijau (Bali Clean and Green) menuju Green Province melalui Desa Sadar Lingkungan (DSL)," ujarnya. *lsa

Komentar