nusabali

Korsleting, Mesin Bus Terbakar di Jalan Tol Bali Mandara

  • www.nusabali.com-korsleting-mesin-bus-terbakar-di-jalan-tol-bali-mandara

Satu unit bus terbakar saat hendak memasuki gerbang Tol Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Rabu (10/10) sekitar pukul 06.50 Wita.

MANGUPURA, NusaBali

Bus dengan nomor polisi B 7235 XA tiba-tiba mengalami masalah pada mesin dan akirnya terbakar. Kebakaran pada mesin bus itu diduga akibat korsleting pada jaringan kabel mesin. Humas PT Jasamarga Bali Tol Putu Gandhi Ginatra, mengungkapkan bus naas itu datang dari arah traffic light Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai menuju gerbang tol Nusa Dua. Namun bus yang diketahui membawa penumpang warga negara asing itu mengalami trouble pada mesin sebelum sampai di gerbang tol. Menghindari kecelakaan besar, pengemudi bus yang diketahui bernama Ferdian berusaha menepi ke jalur darurat.

Melihat ada kejadian mobil terbakar, petugas gabungan polisi, TNI, dan petugas dari Jasamarga Bali Tol yang telah disiagakan di sekitar lokasi langsung menangani bus tersebut. Gandhi mengatakan tim penyelamat memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar). Tak lama berselang tim pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung menjinakkan api. Setelah berhasil dipadamkan, bus itu dibawa dan diamankan di pool ruas Jasamarga Bali Tol

“Kejadiannya pada pukul 06.50 Wita. Bus Mercy nopol B 7235 XA itu membawa penumpang WNA. Tapi saya tak mengetahui persis berapa jumlah penumpangnya. Yang saya tahu penumpangnya WNA. Bus itu datang dari arah traffic light Nusa Dua, namun sebelum mencapai gerbang tol, bus mengalami trouble mesin. Pengemudi berusaha menepi ke jalur darurat. Selang beberapa saat bus mengeluarkan asap tebal dari mesin,” ungkap Gandi ketika dikonfirmasi, Rabu (10/10).

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya membenarkan ada kejadian dimaksud. Dia mengatakan penanganannya tak berlangsung lama dan tak terjadi kepadatan lalu lintas. “Ya benar ada kejadian mesin bus terbakar. Penanganannya berlangsung cepat. Tim damkar yang mengatensi adalah tim Damkar Kelurahan Benoa. Sebelum tim kami tiba di lokasi, sudah dilakukan penanganan awal oleh petugas yang berjaga di sana,” ungkap Wirya.

Dari hasil analisa awal, lanjut Wirya, penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik pada bagian mesin belakang bus. Akibat kebakaran itu pemilik diperkirakan mengalami kerugian Rp 100 juta.

“Kami mengimbau kepada pengemudi untuk mengecek kendaraan secara berkala. Beruntung dalam kejadian itu tak ada korban jiwa ataupun luka-luka. Setelah api dijinakkan, mobil diamankan petugas,” kata Wirya. *po

loading...

Komentar