nusabali

Lawan Polandia di UNL, Portugal Tanpa Ronaldo

  • www.nusabali.com-lawan-polandia-di-unl-portugal-tanpa-ronaldo

Pelatih Fernando Santos tidak membawa Cristiano Ronaldo, saat Timnas Portugal tandang menghadapi Polandia, pada laga UEFA Nations League A Grup 3, Jumat (12/10).

WARSAWA, NusaBali
Menurut Santos, keputusan itu diambil setelah berdiskusi dengan Ronaldo dan federasi sepakbola Portugal. Setidaknya Ronaldo absen membela Portugal  hingga November 2018.  "Kami sepakat Ronaldo tidak akan masuk skuat. Dia tidak di tim dalam dua laga ke depan. Ia juga tidak dalam skuat untuk dua seleksi skuat berikutnya. Satu di bulan ini (Oktober) dan satu lagi bulan depan (November," kata Santos.

Jadi Ronaldo belum pernah lagi tampil bersama Portugal usai Piala Dunia 2018.  Sebelumnya, Ronado juga absen saat Portugal mengalahkan Italia 1-0 pada dalam perdana UEFA Nations League (UNL) pada 11 September.

Santos menolak membeberkan secara detail percakapannya dan alasan Ronaldo tidak membela Portugal. Ia hanya menegaskan bahwa itu murni keputusan sang pemain. Namun spekulasi berkembang liar. Ada yang menyebut keengganan Ronaldo membela Portugal dikarenakan skandal pemerkosaan yang menderanya.

Sementara laga tersebut menjadi special striker dan kapten Robert Lewandowski, yang melakoni penampilannya ke-100 untuk Polandia. Sejauh ini Lewandowski mencetak 55 gol dalam 99 laga internasional. Jika diturunkan akan terasa istimewa bagi Lewandowski. Apalagi jika ia menandai milestone itu dengan gol dan kemenangan.

Polandia mengawali kiprahnya di grup ini dengan menahan imbang Italia 1-1 di Bologna pada 7 September 2018. Polandia unggul lewat gol Piotr Zienlinski di menit 40, tapi penalti Jorginho di menit 78 membuat mereka gagal meraih poin penuh.

Sedangkan Portugal meraih hasil lebih baik di pertandingan pertama. Meski tanpa kapten Ronaldo, Portugal mengalahkan Italia 1-0 di Lisbon lewat gol tunggal Andre Silva.

Portugal terakhir kali bertemu Polandia pada perempat final Euro 2016. Kala itu, Polandia unggul lebih dulu melalui gol Lewandowski di menit 2.  Portugal menyamakan 1-1 lewat gol Renato Sanches di menit 33. Portugal menang adu penalti dan lolos ke semifinal. Portugal kemudian tembus ke final dan keluar sebagai juara.

Kini Portugal harus mewaspadai Polandia. Selain Lewandowski, Krzysztof Piatek juga menjadi ancaman Portugal. Musim ini, striker 23 tahun itu mencetak 13 gol dalam delapan penampilan di semua kompetisi untuk klub Genoa.

Jerzy Brzeczek menuturkan timnya akan bertarung untuk hasil terbaik. Ia memastikan Polandia akan bermain menyerang, mengingat lawan seperti Portugal memiliki banyak pemain dengan skill individual yang dapat menentukan hasil pertandingan. *

loading...

Komentar