nusabali

Karangasem Studi Banding Kerjasama Media ke Sidoarjo

  • www.nusabali.com-karangasem-studi-banding-kerjasama-media-ke-sidoarjo

Asisten III Setda Karangasem, I Wayan Purna, memimpin rombongan Pemkab Karangasem studi banding ke Pemkab Sidoarjo, Jawa Timur.

AMLAPURA, NusaBali
Pemkab Karangasem belajar tata cara pengelolaan informasi dan kerjasama dengan media. Rombongan diterima Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Sidoarjo, Setyo Winarno, di aula Kantor Bupati Sidoarjo, Kamis (11/10).

Setyo Winarno mengatakan, Pemkab Sidoarja bekerjasama dengan media dengan memberikan advetorial secara bergilir. Ada juga beberapa media diprioritaskan untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Setiap hari Dinas Kominikasi dan Informatika menyebarkan informasi tentang agenda Bupati/Wakil Bupati Sidoarjo ke semua media. “Kami juga sesekali memberikan dana hibah ke lembaga media, salah satunya PWI Sidoarjo,” ungkap Setyo Winarno.

Pemkab Sidoarjo juga sesekali menggelar lomba karya jurnalistik, baik berupa lomba foto maupun tulisan terkait pemberitaan acara-acara besar. Di samping secara rutin setiap tahun mengajak awak media studi banding ke luar daerah. “Kami berupaya memberdayakan semua media di Sidoarjo, baik cetak, elektronik, maupun online,” tambahnya. Sementara Ketua PWI Sidoarjo, Abdul Rouf, menjelaskan hibah itu diberikan berdasarkan proposal sebelum pembahasan APBD. “Hibah diberikan setelah mengajukan proposal terkait kegiatan yang hendak dilaksanakan. Hibah itu dipertanggungjawabkan,” kata Abdul Rouf.

Asisten III Setda Karangasem, I Wayan Purna, mengatakan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Karangasem sangat jauh dibandingkan Pemkab Sidoarjo. “PAD kami hanya Rp 234 miliar, sedangkan Pemkab Sidoarjo Rp 1,435 triliun,” katanya. Namun Pemkab Karangasem bisa mengadopsi model kerjasama Pemkab Sidoarjo dengan media, terutama hibah bantuan. “Tentu saja hibah itu kepada lembaga yang berbadan hokum,” tegas Purna. *k16

loading...

Komentar