nusabali

DPMD Gelar Rakor Posyandu

  • www.nusabali.com-dpmd-gelar-rakor-posyandu

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Posyandu Kabupaten Gianyar di Balai Budaya, Jumat (12/10).

GIANYAR, NusaBali
Tujuannya, meningkatkan dan memperkuat kesadaran masyarakat mengenai peranan Pos Pelayanan Terpadu Keluarga Berencana (Posyandu).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD Gianyar Dewa Gde Alit Mudiartha menyatakan Posyandu merupakan salah satu bentuk lembaga kemasyarakatan desa yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk bersama masyarakat. “Untuk membangun kesehatan masyarakat, maka kebijakan Pemkab Gianyar khususnya di bidang kesehatan adalah meningkatkan peran dan fungsi kader Posyandu,” ujar Alit Mudiartha, kemarin.

Menurut dia, akan ada peningkatan insentif bagi kader Posyandu di desa-desa. “Peningkatan kelas puskesmas menjadi rawat inap secara bertahap dan pelayanan dasar kesehatan akan terus dioptimalkan,” jelasnya.

Khusus untuk posyandu, target utama pelayanan pemerintah adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak. “Disamping juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan dasar,” tegas Alit Mudiartha yang juga Kepala Kesbanglinmas Gianyar itu.

Kepala Seksi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DPMD Ni Wayan Sriani, menjelaskan rapat koordinasi ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran dari pemuka masyarakat. “Tim pokjanal agar lebih dapat menjalankan fungsinya secara lebih maksimal. Sehingga data kegiaatan posyandu benar-benar dapat terangkum secara valid,” jelasnya.

Rapat dihadiri 200 peserta terdiri dari OPD terkait, tim pokja posyandu, unsur PKK, petugas gizi dan kasi. Yang menangani kegiatan posyandu di desa binaan.*nvi

Komentar