nusabali

Guru SMKN Bebandem Juara Nasional Membatik

  • www.nusabali.com-guru-smkn-bebandem-juara-nasional-membatik

Sebelumnya Duwika juga meraih medali perunggu di Olimpiade Guru Nasional (OGN) Nasional 2018 di NTB.

AMLAPURA, NusaBali
Guru mata pelajaran Seni dan Budaya SMKN Bebandem, Karangasem, I Nyoman Duwika Adi Ana SPd MPd dinobatkan sebagai juara Lomba Membatik (membuat bahan ajar TIK) 2018. Perlombaan ini digelar oleh Pustekom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi) Kemendikbud RI. Duwika menjadi juara setelah menyingkirkan 29 finalis se-Indonesia. Gelar juara untuk kategori guru SMK ini diserahkan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Didik Suhardi di Jakarta, Jumat (12/10) lalu.

Kepada NusaBali, Duwika yang ditemui di Amlapura, Minggu (14/10) mengatakan dirinya ambil bagian dalam lomba dengan mengirim naskah secara online pada Agustus 2018 lalu. Dari 2.500 peserta se-Indonesia yang mendaftar, hanya sekitar 700 peserta yang berhasil memasukkan naskah untuk bahan lomba.

Selanjutnya dewan juri dari kalangan pakar TIK dan komunitas TIK melakukan seleksi, maka muncul 30 peserta yang naskahnya dinyatakan masuk final. Peserta yang masuk final itulah diundang ke Jakarta untuk diuji kembali.

Selama mengikuti final, Duwika kembali menyediakan bahan ajar dengan cara menggambar kartun di komputer dan hasilnya dinyatakan sebagai juara. "Media pembelajaran yang kami buat berupa kartun di komputer, sehingga ke depan tidak lagi belajar menggunakan kertas dan alat tulis. Cukup menggambar di komputer. Bisa juga di HP berbasis android," jelas ayah seorang putri tersebut.

Lomba sendiri dibagi dalam lima kategori untuk guru SD, SMP, SMA, SMK dan budaya. Duwika sebagai wakil Bali dari kelompok guru SMK menyabet prestasi juara I. Wakil Bali lainnya di kelompok guru SMK berhasil meraih juara III atas nama I Wayan Sudiatmika guru SMKN 1 Denpasar. Sedangkan juara II di nomor yang sama dimenangkan Agus Noviana, guru SMKN 8 Tangerang, Banten. Sedangkan guru kategori guru SD, SMP dan SMA, Bali kurang beruntung.

Tak hanya kali ini Duwika raih prestasi di tingkat nasional. Sebelumnya dia juga meraih medali perunggu di Olimpiade Guru Nasional (OGN) Nasional  pada 3-6 Mei 2018 di Hotel Lombok Raya NTB. Saat itu diikuti 20 finalis se-Indonesia.

Duwika yang selama ini dominan mengajar mengukir buah untuk siswa, program Tata Boga, ternyata pintar di bidang menggambar kartun di komputer.

Kepala UPT Disdikpora Provinsi Bali di Karangasem, I Made Puri Suastika mengaku telah dapat informasi mengenai prestasi yang diraih guru SMKN Bebandem itu. "Ya, kami telah hubungi yang bersangkutan terkait prestasi, juara I Nasional Membatik," kata Suastika. *k16

Komentar