nusabali

510 Pelamar CPNS Langsung Gugur

  • www.nusabali.com-510-pelamar-cpns-langsung-gugur

Kendati pelamar mencapai 4.558, tidak serta merta seluruh posisi bisa terisi, bahkan ada yang kosong.

Pelamar di Kota Denpasar Capai 4.558

DENPASAR, NusaBali
Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Denpasar ditutup tengah malam, Senin (15/10). Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar menerima sebanyak 4.558 pelamar. Dari verifikasi (seleksi administrasi) sementara, sebanyak 510 pelamar dinyatakan tidak lulus alias gugur, yang sudah lolos verifikasi sebanyak 2.430 pelamar, dan sisanya 1.618 pelamar masih dalam proses verifikasi.

Kepala BKPSDM I Ketut Mister mengatakan, sebanyak 510 pelamar yang tidak lolos karena kekurangan berbagai hal dalam pendaftaran yakni secara umum pelamar tidak lulus karena ijazah tidak asli, transkrip ijazah tidak asli, aktifikasi tidak sesuai dengan tanggal kelulusan, dokumen upload tidak lengkap, dan data yang diupload tidak terbaca. "Verifikasi masih kita lakukan, untuk sementara hasil yang tidak lolos itu ada 510 pelamar, jadi itu sifatnya belum final karena masih dalam proses verifikasi. Pengumuman seleksi administrasi direncanakan tanggal 21 Oktober 2018, mudah-mudahan tidak berubah," jelasnya didampingi Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi, Komang Lestari Kusuma Dewi seusai rapat pansel, Selasa (16/10).

Ketut Mister mengungkapkan, kendati pelamar mencapai 4.558, tidak serta merta seluruh posisi bisa terisi, bahkan ada yang kosong. Posisi yang masih kosong hingga ditutupnya pendaftaran yakni untuk lowongan dokter spesialis. "Iya memang ada yang kosong, tapi mau bagaimana lagi, tidak ada yang mendaftar. Ya nanti kita kembalikan saja ke BKN atau diajukan kembali agar formasi itu dipakai untuk posisi lain. Tapi kami juga tidak bisa menjamin," ujarnya.

Dari rekap pelamar yang diperoleh NusaBali, persaingan ketat terjadi untuk memperebutkan satu formasi Guru Penjasorkes yang ditempatkan di SMPN 10 Denpasar dengan jumlah pelamar sebanyak 127 orang. Demikian juga untuk satu formasi Guru Bahasa Inggris yang ditempatkan di SMPN 1 Denpasar dengan jumlah pendaftar sebanyak 117 orang dan di SMPN 10 Denpasar dengan jumlah pelamar mencapai 104 orang.

Persaingan relatif mudah terjadi untuk satu formasi guru kelas yang ditempatkan SDN 5 Dauh Puri dan di SDN 15 Pemecutan yang masing-masing ada dua orang pendaftar.

Kali ini peluang besar lolos bagi bagi guru honorer k-2 yang bakal ditempatkan di sekolah negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Denpasar, dari 7 formasi yang dicari, pelamar hanya 6 orang.

Sementara itu, formasi yang sama sekali tidak ada pendaftar yakni dokter spesialis bedah mulut ahli pertama, dokter spesialis bedah plastik ahli pertama, dokter spesialis bedah syaraf ahli pertama, dokter spesialis bedah toraks kardiovaskuler ahli pertama, dokter spesialis forensik ahli pertama, dokter spesialis jantung ahli pertama, dokter spesialis orthodonti ahli pertama, dokter spesialis paru ahli pertama, dan dokter spesialis patologi klinik ahli pertama.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Komang Lestari Kusuma Dewi mengatakan, dari 13 formasi dokter spesialis, yang terisi hanya 4 formasi, itupun masing-masing posisi hanya 1 orang pelamar. Hal itu terjadi karena banyak pelamar yang tidak lolos pada umur mereka. Dokter spesialis yang ada saat ini mereka rata-rata berumur 37 tahun ke atas. Sedangkan, dalam persyaratan maksimal umur yang diterima 35 tahun.

Seperti diketahui Pemkot Denpasar melakukan perekrutan sebanyak 249 formasi CPNS dari pengajuan 824 formasi. Tenaga yang direkrut lebih banyak tenaga pendidik untuk mengisi guru yang pensiun.

Dari 249 CPNS, tenaga pendidik mendapatkan jatah sebanyak 205 formasi sedangkan sisanya 44 formasi diisi oleh tenaga kesehatan. Selain untuk umum, perekrutan CPNS juga dilakukan dengan formasi khusus bagi penyandang disabilitas, lulusan terbaik, dan guru honor K-2. *mi

Komentar