nusabali

MGMP Karangasem Gelar Lomba Seni dan Budaya

  • www.nusabali.com-mgmp-karangasem-gelar-lomba-seni-dan-budaya

MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Seni dan Budaya SMP Karangasem menggelar pagelaran seni dan budaya tahun 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Guna meramaikan acara itu, MGMP mengundang seluruh siswa berbakat di bidang seni dan budaya dari 54 SMP se-Karangasem. Pagelaran seni dan budaya dipusatkan di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Minggu (28/10) nanti. Pagelaran ini bekerjasama dengan DPD KNPI Karangasem sekaligus merayakan Hari Sumpah Pemuda.

Ketua MGMP Seni dan Budaya SMP Karangasem yang juga Ketua Panitia Ida Wayan Gotama Adiputra, memaparkan dalam pagelaran seni dan budaya itu melombakan seni musik, seni rupa, seni teater, dan seni tari. Masing-masing jenis ada tema tersendiri yang mesti dibawakan siswa. Seni musik dengan lagu wajib Indonesia Raya 3 stansa. Sedangkan lagu pilihan bungan sandat, don dapdap, dan putri cening ayu. Sedangkan seni rupa, melukis tema budaya di atas kanvas. Teater temanya pendidikan dengan menyetor naskah dan dibawakan saat lomba.  “Tari yang dilombakan yakni Oleg,” ungkap Gotaa Adiputra saat rapat di Kantor Disdikpora Karangasem, Rabu (17/10).

Panitia telah menetapkan dewan juri dari Listibiya Karangasem, praktisi seni, dan Dinas Kebudayaan. “Lomba tari Oleg misalnya kriterianya agem 40 persen, tandang 30 persen, dan tangkep 30 persen,” ungkap Gotama Adiputra yang juga guru seni dan budaya SMPN 3 Bebandem. Pertemuan teknik disepakati di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Jumat (26/10) mendatang. Guru seni dan budaya SMPN 1 Rendang, Ni Wayan Suryati, mengaku hanya menyertakan siswa di lomba tari dan seni rupa. “Kami memiliki ekstrakurikuler tari, makanya kami mengirim nomor seni tari,” katanya.

Guru seni dan budaya SMPN 4 Amlapura, Ni Ketut Yunianiti, merencanakan menyertakan siswanya di lomba seni tari dan teater. Berbeda dengan guru seni dan budaya SMPN 1 Kubu, Ketut Asri, mendaftarkan siswanya di semua nomor. Lomba nanti dilaksanakan bersamaan. Diperkirakan lomba berakhir sore hari. Ketua DPD KNPI Karangasem, I Gusti Made Parwata, mendukung inovasi MGMP Seni dan Budaya SMP. “Apalagi mengundang siswa-siswa SMP berbakat bidang seni dan budaya, diberikan kesempatan berlomba,” kata Gusti Parwata. *k16

loading...

Komentar