nusabali

Undiksha Gelar FGD Revisi Renbis 2015-2019

  • www.nusabali.com-undiksha-gelar-fgd-revisi-renbis-2015-2019

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan revisi Rencana Strategi Bisnis  2015–2019, di Hotel Paradiso Jalan Kartika Plaza, Kuta, Badung, Kamis (18/10).

MANGUPURA, NusaBali
Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Keuangan. Wakil Rektor II Undiksha Singaraja Prof Dr Wayan Lasmawan MPd didampingi ketua panitia FGD Dr I Nyoman Tika MSi, mengungkapkan FGD yang dilakukan kali ini untuk melakukan beberapa penyesuaian terkait dengan rencana bisnis (renbis) Undiksha sebagai perguruan tinggi negeri badan layanan umum (PTN BLU). Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi bila terjadi perubahan pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 2019 di Kemenristekdikti. Hasil dari kegiatan ini nantinya tak perlu lagi diskusi yang berkepanjangan bila terjadi perubahan.

Selain itu ada beberapa pilar yang disesuaikan di Rencana Strategi (Rensra) Kemenristekdikti, maka Undiksha sebagai PTN BLU wajib hukumnya menyesuaikan Renbis. Hal ini sangat penting karena segala kegiatan bisnis di Undiksha pada kontestasi pengelolaan perguruan tinggi nantinya dilakukan dengan rujukan pada Renbis yang dibahas saat ini.

“Kami sampaikan bahwa Undiksha sebagai salah satu PTN BLU telah mencoba berbenah sedemikian rupa. Hasilnya kami memperoleh predikat WTP dua tahun berturut-turut serta pencapaian PNBP yang melampaui target,” ungkap Lasmawan.

Diharapkan kegiatan FGD ini dapat menghasilkan dokumen renbis yang sesuai dengan visi dan misi kelembagaan Undiksha dan visi misi Kemenristekdikti. Kedua hal ini sangat penting maknanya agar Undiksa bisa menjadi salah satu PTN yang bermutu dan diperhitungkan pada kontestasi pengelolaan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sementara Kepala Biro Keuangan dan Umum Kemenristekdikti Moch Wiwin Darwina SE MSi mengatakan, Undiksha cepat tanggap atas perubahan yang terjadi di Kemenristekdikti. Adanya perubahan di Kemenristekdikti maka Rensra Undiksha pun harus in line dengan apa yang akan dicapai oleh Rensra Kementerian.

“Saya kira ini bagus untuk perencanaan lima tahun ke depan. Dengan adanya rensra strategi bisnis yang baik tentunya perencanaan ke depan untuk mencapai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang ditentukan oleh kementerian akan tercapai dengan mudah. Untuk mencapai rencana bisnis yang baik PTN harus revisi atau in line dengan rensra Kementerian,” papar Wiwin. *po

loading...

Komentar