nusabali

Pasemetonan Sangging Melasti ke Pantai Klotok

  • www.nusabali.com-pasemetonan-sangging-melasti-ke-pantai-klotok

Ribuan pasemetonan Mahasubaya Sangging Prabangkara se-Bali melaksanakan upacara Melasti di Pantai Watu Klotok, Klungkung, Redite Wage Landep, Minggu (21/10).

GIANYAR, NusaBali
Prosesi ini serangkaian karya  agung di Pura Ratu Sangging, di kawasan Pura Besakih, Karangasem, puncaknya pada Buda Paing Landep, Rabu (24/10).  Ketua panitia karya Ketut Wijana Sangging menjelaskan,

karya agung yang pertama kali dilaksanakan Pasemetonan Sangging Prasangka ini, sedianya dilaksanakan setahun lalu. Namun karena erupsi Gunung Agung saat itu, maka ritual ini ditunda setehun. Kata dia, karya ini dilaksanakan setelah pembangunan semua palinggih. Pura Ratu Sangging  di sisi barat Pura Batu Madeg, Besakih.

Karya diawali dengan upacara Mapiuning pada 16 September 2018, Macaru Manca Sata dan Nanceb Taring, 30 September 2018. Selanjutnya, Macaru Panca Mustika, Matur Piuning Karya, Nuasen Karya, Guru Piduka, Ngadegang Pangrajeg, dan lainnya, 9 Oktober 2018. Caru Panca Sanak, Negtegang, Ngadegang Betari Tapini dan Rare Angon, 16 Oktober 2018. Melaspas lan Mendak Bagia Pulekerti, lanjut Mapepada, 18 Oktober 2018. Caru Rsigana, Caru Panca Mustika dan Panca Sata, 19 Oktober yang dirangkai Penyepian pura, 20 Oktober 2018.

Upacara akan dilanjutkan dengan Mapekelem dan Nunas Tirta ke Gunung Agung serta Macaru Panca Mustika, sehari sebelum puncak karya yang akan dilangsungkan pada Rabu Paing Landep, bertepatan dengan Purnama Kelima, 24 Oktober 2018. Selanjutnya, Nganyarin secara bergiliran dari masing masing Pura Dadia Sangging Prabangkara di seluruh Bali. Ritual Nyegara Gunung pada 3 November dan Ida Batara Masineb, 4 November 2018.*

Komentar