nusabali

SMPN 2 Amlapura Juara Karya Tulis

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-juara-karya-tulis

Tiga siswi SMPN 2 Amlapura meraih juara karya tulis merayakan Bulan Bahasa 2018 di SMA PGRI Amlapura, Selasa (23/10).

AMLAPURA, NusaBali

Ketiganya adalah juara I Ni Luh Putu Happy Nirmala, juara II I Gusti Ayu Cintiya Widya Lestari, dan juara III Meliana Putri. Lomba diikuti 32 peserta, setiap sekolah mengirimkan 5 siswinya.  

Ni Luh Putu Happy Nirmala dinobatkan sebagai juara I melalui karya tulis berjudul Geliat Sekolah Swasta dari Negeri Lahar dalam Mewujudkan Insan yang Berkualitas di SMA PGRI Amlapura. Happy Nirmala, Gusti Ayu Cintya, dan Meliana Putri ketiganya itulah yang paling aktif bertanya menggali informasi seakurat mungkin sehingga karya tulisnya dinyatakan yang terbaik. “Kami merasa bersyukur menjadi yang terbaik. Gelar ini memotivasi untuk berprestasi lebih baik ke depan,” ungkap Happy Nirmala.

Happy Nirmala mengaku lebih bersyukur lagi karena gelar juara II dan juara III dimenangkan rekan satu kelasnya. Ketua Dewan Juri, I Gede Aries Pidrawan, mengatakan secara umum karya tulis siswa SMP masih kaku. “Ejaan yang disempurnakan, lumayan bagus penerapannya, hanya saja banyak menggunakan kalimat tidak langsung,” kata Pidrawan.

Pidrawan menambahkan, pilihan kalimat yang digunakan terasa kurang nyambung. “Memang perlu dievaluasi dan dilatih terus agar terbiasa menulis,” jelasnya. Selain katanya perlu menguasai teknik menulis yang benar, agar bisa lancar menulis, juga mesti didukung gemar membaca, sehingga dari membaca dapat banyak referensi, menghindari kalimat-kalimat yang tertuang agar tidak kaku. Salah satu tujuan lomba, juga untuk meningkatkan minat baca. *k16

Komentar