nusabali

Gelar Operasi Cipkon, Sasar Tempat Nongkrong ABG

  • www.nusabali.com-gelar-operasi-cipkon-sasar-tempat-nongkrong-abg

Jajaran Polres Jembrana bersama Polsek Kota Negara, menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) dengan menyasar gerombolan remaja yang kerap nongkrong hingga tengah malam di sejumlah tempat umum, Rabu (24/10) tengah malam.

NEGARA, NusaBali
Dalam operasi cipkon yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Jembrana, Kompol M Didik Wiratmoko, itu juga dilakukan penggeledahan barang bawaan, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Operasi cipkon dengan mengerahkan sebanyak 198 personil gabungan dari Polres dan Polsek Negara, itu dilakukan sekitar pukul 23.00 Wita. Ratusan anggota sengaja disebar menyisir sejumlah tempat umum sekitaran Kota Negara, diantaranya sekitar kawasan Civic Center Pemkab Jembrana, Jalan Hasanudin di sebelah barat Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana, GOR Kresna Jvara, termasuk sekitar Jalan Ngurah Rai yang kerap digunakan tempat balapan liar.

Saat turun tengah malam itu, petugas menemukan banyak remaja berkumpul di sekitar kawasan Civic Center Pemkab Jembrana. Satu persatu remaja, baik yang perempuan maupun laki-laki, diminta menunjukan barang bawaan mereka, termasuk barang bawaan di dalam kendaraan mereka. Meski tidak ada menemukan barang berbahaya, maupun hal-hal yang mencurigakan, petugas yang juga memberikan imbauan kamtibmas, meminta sejumlah perempuan maupun beberapa anak sekolah, agar pulang ke rumah.

Kabag Ops Polres Jembrana, Kompol M Didik Wiratmoko, mengatakan, operasi cipkon pada tengah malam itu, juga bertujuan mengantisipasi aksi-aksi kenakalan remaja, seperti pesta miras, trek-trekan atau balapan liar, yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Selain diberikan imbauan, dilakukan penggeledahan untuk mengantisipasi keberadaan barang-barang terlarang. “Operasi cipkon tengah malam kemarin, merupakan awal operasi cipkon yang juga akan terus kami gelar serangkaian Pemilu 2019, termasuk kesiapan jelang Natal dan Tahun Baru nanti. Kami harapkan kamtibmas tetap aman dan kondusif,” katanya.

Menurutnya, dalam operasi cipkon yang akan dirutinkan itu, juga bertujuan mencegah premanisme maupun kejahatan-kejahatan lainnya. Seperti diketahui, premanisme menjadi salah satu perhatian Kapolda Bali, Irjen Petrus Reinhard Golose, dalam upaya menjaga kamtibmas di Bali. “Kalau ada preman, pasti segera kami tindak. Tetapi sementara ini, belum ada kami temukan dalam operasi cipkon, maupun upaya-upaya patroli yang terus kami tingkatkan,” ujarnya. *ode

Komentar