nusabali

Dihadiri 7 Kepala Negara, 4.000 Personel TNI Disiagakan

  • www.nusabali.com-dihadiri-7-kepala-negara-4000-personel-tni-disiagakan

Sukses Kawal IMF-WB, Kodam Sambut Event OOC

DENPASAR, NusaBali

Setelah sukses melakukan pengamanan dalam perhelatan akbar IMF-WB yang dipusatkan di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung beberapa waktu lalu, kini Kodam IX/Udayana siap mengawal event internasional serupa yakni Our Ocean Confreence (OOC) yang akan dihelat di tempat yang sama pada akhir oktober mendatang. Dalam melakukan pengamanan, Kodam Udayana akan mengerahkan sebanyak 4.000 personel.

“Kita memang sukses melakukan pengamanan IMF-WB beberapa waktu lalu, untuk itu, saya berterimakasih kepada rekan-rekan media dalam bersinergitas menjaga kondusifitas saat berlangsungnya event. Nah, didepan mata juga ada kegiatan skala internasional serupa yaitu OOC. Jadi, kita jajaran  Kodam Udayana juga siap untuk melakukan pengamanan. Total sekitar 4000 personel yang akan dikerahkan dalam pengamanan event yang akan berlangsung pada tanggal 29-30 oktober mendatang,” jelas Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto saat mengelar simakrama dengan insan pers di Ruang Sthanayudha Makodam IX/Udayana, Rabu (25/10) pagi.

Menurut dia, dalam event Our Ocean Confreence (OOC) yang berpusat di BNDCC, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, akan dihadiri oleh 7 kepala negara. Hanya saja, Pangdam Mayjen TNI Benny belum mengetahui secara pasti negara yang berpartisipasi. Meski demikian, dengan kehadiran tersebut, pengamanan dari pihak Kodam udayana sudah siap dalam melakukan pengamanan VVIP tersebut.

Sementara, untuk delegasi yang ikut hadir, pihaknya berkoordinasi dengan Polda Bali. “Untuk kali ini (event OOC), memang tidak sebanyak saat IMF-WB. Ya, ada sekitar 7 kepala Negara. Meski demikian, kekuatan pengamann tetap sama, hanya personel yang dikerahkan akan berkurang. Tapi, intinya lihat situasi saat itu, apabila diperlukan, TNI siap untuk dikerahkan lagi,” ungkapnya.

Diakui Myjen TNI Benny, karena hanya 7 kepala Negara yang hadir, pengamanan dibawa komando penuh dirinya. Hal ini sesuai dengan SOP pengamanan VVIP, yang mana dibawah 10 kepala negara akan dikomandoi langsung oleh Pangdam. “Kalau IMF-WB kan lebih dari 10 kepala Negara. Sehingga ada Komandan Satgas yang bintang 3. Itu memang SOP nya. Nah kalau ini hanya 7 saja. Jadi dibawa komando saya langsung,” tutupnya seraya berharap ivent OOC ini akan berlangsung lancar seperti IMF-WB beberapa waktu lalu. *dar

Komentar