nusabali

Warga Titip Jenazah di Rumah Sakit

  • www.nusabali.com-warga-titip-jenazah-di-rumah-sakit

Jumlah warga yang titip jenazah di RSU Bangli semakin meningkat. Peningkatan ini imbas Karya Agung Panca Wali Kramma Pangusaban Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Kehen Bangli.

BANGLI, NusaBali
Sejak upacara nyengker setra di masing-masing banjar bebanuan Pura Kehen, pantang melakukan penguburan. Sehingga warga yang kalayusekaran (meninggal), jenazahnya dititip di RSU Bangli.

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bangli, I Nyoman Sukra, mengatakan, nyengker setra dengan larangan penguburan merupakan Yasa Kerti untuk kesuksesan karya Panca Wali Krama. Tradisi itu kewajiban umat supaya fokus menghaturkan krti. “Jangan sampai ada umat cuntaka sehingga jalannya yadnya terganggu,” ungkap Sukra, Kamis (25/10). Pada karya-karya besar di pura, nyengker setra diberlakukan. Contoh di Pura Besakih, setiap ada karya besar, pangemong menggelar Yasa Kerti seperti.

Wadir Pelayanan RSU Bangli, I Ketut Darmaja, mengatakan beberapa hari terakhir jumlah jenazah yang dititipkan mengalami peningkatan. Pada hari biasa jenazah yang dititipkan 5-7 jenazah. Hingga Kamis kemarin, sudah ada titipan 14 jenazah. “Hal ini dimungkinkan karena sedang berlangsungnya karya di Pura Kehen sehingga pasien yang meninggal belum bisa dipulangkan,” ungkapnya. Dikatakan, kapasitas ruangan untuk 17 jenazah. Sewa penyimpanan jenazah dengan cooling Rp 85.000 per hari. Penyimpanan jenazah tanpa cooling Rp 55.000 per hari. *es

Komentar