nusabali

Tumpek Landep, Napi Buka Jasa Cuci Motor

  • www.nusabali.com-tumpek-landep-napi-buka-jasa-cuci-motor

Halaman samping Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tabanan mendadak ramai, Jumat (26/10).

TABANAN, NusaBali

Karena jelang Rahina Tumpek Landep, Sabtu (27/10) ini, para narapidana membuka jasa cuci motor. Tak kalah menarik ada hiburan band yang mengundang perhatian masyarakat umum.

Selain ada jasa cuci motor persiapan Tumpek Landep, ada pula pelayanan kesehatan gratis dan pemberian kopi gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini serangkian dengan Expo Lapas Tabanan dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kemenkumham Tahun 2018.

Kalapas Tabanan I Putu Murdiana menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HDKD Kemenkumham tahun 2018. Sehingga diselenggarakan beberapa kegiatan dilakukan oleh para narapidana, salah satunya dibuka jasa cuci motor. Pelayanan cuci motor dibuka untuk masyarakat umum. Cukup dengan membayar Rp 10.000 kebersihan sepeda motor sangat terjamin. "Pelayanan ini akan terus dibuka tidak hanya jelang perayaan Tumpek Landep," imbuh Murdiana.

Masyarakat yang menunggu motornya dicuci, dihibur band bernama Jerbezt band. Band tersebut beranggotakan 5 narapidana dari berbagai kasus dengan membawa alunan musik bergenre klasik rock. "Awalnya mereka ini hanya bermain musik pada waktu kosong, karena ada potensi kami sediakan wadah agar hobinya tersalur. Pun para narapidana ini juga kami bina secara rutin," beber Murdiana.

Ditambahkannya, Expo Lapas dibuat untuk mengenalkan kepada masyarakat jika kegiatan di Lapas Kelas II B Tabanan tidaklah menyeramkan seperti anggapan selama ini. Malah pembinaan yang dilakukan untuk memberikan ruang berkarya bagi para narapidana. Dengan harapan ketika selesai menjalani masa pembinaan mereka bisa berguna di masyarakat. "Sehingga kami gunakan moment Tumpek Landep, memberikan pelayanan cuci motor, menghibur masyarakat dan masyarakat juga bisa membuat kerajinan tangan yang dibuat para narapidana," tandasnya. *de

Komentar