nusabali

Payangan Kini Punya Komunitas Lingkungan

  • www.nusabali.com-payangan-kini-punya-komunitas-lingkungan

Kecamatan Payangan, Gianyar, kini punya komunitas peduli lingkungan Chapter Trush Hero (CTH).

GIANYAR, NusaBali
CTH Payangan dikukuhkan oleh Kepala UPTD Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, I Ketut Bambang Suandi SKM di Desa Melinggih, Payangan, Jumat (26/10). Pengukuhan dirangkai dengan aksi bersih-bersih di Pasar Payangan dan sekitarnya.

Aksi itu diikuti jajaran Tripika Payangan dan Ketua CTH Gianyar Wayan Aksara. Kepala UPTD Persampahan, I Ketut Bambang Suandi, mengatakan CTH selama ini terbukti secara serius berdedikasi dan mengabdikan diri dalam penyelamatan lingkungan. Mereka menjadi pahlawan untuk berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan. Komunitas seperti ini sangat berperan menjaga kebersihan lingkungan terutana dari bahaya sampah plastik. Selain CTH, di Gianyar juga ada komunitas yang berperan hampir sama yakni Toltol, Niltil Lulu, Amigos, dan Komunitas Bayad Asri. "Kami bangga dan bersyukur karena semakin banyak ada komunitas peduli lingkungan. Maka akan semakin terbangun partisipasi aktif masyarakat menjaga kebersihan terutama dari ancaman sampah plastik," ungkapnya.

Pengukuhan CTH Payangan dalam upacara apel di halaman Catus Pata Desa Melinggih. Aksi kebersihan lingkungan ini juga menjelang Festival Payangan. Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan hampir setengah truk dan sampah organik satu truk. Sampah tersebut diangkut dengan armada DLH untuk diolah di TPA Temesi, Gianyar. *lsa

Komentar