nusabali

Gubernur Pimpin Gerakan ‘Mereresik’ Pantai

  • www.nusabali.com-gubernur-pimpin-gerakan-mereresik-pantai

Kegiatan bersih-bersih pantai digelar secara serentak di seluruh Indonesia, Minggu (28/10).

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster memimpin langsung Gerakan Merersik (bersih-bersih yang digelar di Pantai Padanggalak, Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur. Gerakan Merersik di Pantai Padanggalak, Minggu kemarin, digelar dalam rangka menjaga, melindungi pesisir dan laut dari pencemaran dan kerusakan, serta memulihkan dan memelihara kelestarian laut sesuai konsep Samudra Kerthi. Selain Gubernur Wayan Koster, aksi bersih-bersih di Pantai Padanggalak kemarin juga dihadiri Wakapolda Bali Brigjen Pol Wayan Sunartha dan kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri.

Gubernur Koster menyebutkan, selain untuk menjalankan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, kegiatan bersih-bersih pantai ini dilakukan juga dalam rangka Bali sebagai tuan rumah perhelatan akbar ‘Our Ocean Conference (OOC)’, yang akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, 29-30 Oktober 2018.

Menurut Gubernur Koster, mengungkapkan OCC 2018 ini merupakan gelaran ke-5, setelah terselenggaranya OCC IV di Malta, 5-6 Oktober 2017 lalu. Konferensi ini selain mengundang beberapa kepala negara, juga menghadirkan pemimpin-pemimpin dunia kelautan yang berkomitmen melakukan perubahan bersama guna mengubah tantangan menjadi peluang kerja sama, inovasi, dan keberlanjutan.

Untuk itu, melalui kegiatan mereresik di pantai ini, Gubernur Koster berharap Bali bisa menjadi tempat yang aman dan sejuk dalam perhelatan OOC V 2018 tersebut. “Saya sangat mengapresiasi, setelah ajang Anniel Meeting IMF-World Bank 2018, Bali kembali dipercaya sebagai tuan rumah OOC 2018. Untuk itu, saya minta masyarakat Bali secara aktif ikut mendukung kegiatan ini, dengan menjaga lingkungan pesisir dan laut, terutama dari sampah, baik plastik maupun yang lainnya,” ujar Koster kepada awak media.

Dalam kegiatan Mereresik di Pantai Padanggalak kemarin, Koster ikut terjun langsung bersih-bersih. Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini berbaur dengan prajurit TNI dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Provinsi Bali. Aksi bersih-bersih dilakukan di sepanjang areal Pantai Padanggalak.

Sementara itu, pada hari yang sama, Minggu kemarin, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) melakukan aksi bersih-bersih di areal pesisir Pantai Wisata Kuta, Kecamatan Kuta, Badung. Wagub Cok Ace mereresik di Pantai Kuta bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Mereka berbaur dengan masyarakat. Dalam kegiatan tersebur, juga dilakukan pelepasan 100.000 tukik ke laut lepas Pantai Kuta. *

Komentar