nusabali

Pindah Kantor, Internet di Puspem Terganggu

  • www.nusabali.com-pindah-kantor-internet-di-puspem-terganggu

Jaringan internet di lingkungan Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung Mangupraja di Sempidi, KecamatanMengwi, mengalami gangguan.

MANGUPURA, NusaBali
Ini akibat dampak pemindahan perangkat jaringan dari Dinas Komunikasi dan Informartika (Diskominfo) ke gedung baru yakni Badung Command Center. Kepala Diskominfo Badung I Wayan Weda Darmaja saat ditemui, Senin (29/10), membenarkan tengah memindahkan perangkat jaringan dari gedung Dishubinfo ke gedung Badung Command Center. Pemindahan telah dilakukan sejak Jumat (26/10) lalu.

“Pemindahan server sudah dilakukan sejak empat hari lalu (Jumat, 26/10) dan mudah-mudahan hari ini (kemarin) kelar, sehingga jaringan internet mulai bisa stabil,” katanya.

Menurut Weda Darmaja, pemindahan perangkat server harus dilakukan karena Diskominfo telah memiliki gedung khusus. Pihaknya juga tengah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung. Selain aplikasi juga diperlukan komputer dan penataan khusus, sehingga nanti gedung tersebut sebagai pusat komando Diskominfo yang berbasis teknologi.

Atas ketidaknyamanan ini, pihaknya mengaku sudah menyampaikan permakluman kepada seluruh instansi di lingkungan Puspem Badung khususnya. “Kami mohon permakluman bahwa per hari ini proses (pemindahan) masih dilaksanakan yang mengakibatkan beberapa sistem down. Tim kami juga sedang berusaha agar cepat selesai, bahkan kerja 24 jam penuh,” tuturnya.

Birokrat asal Sembung, Kecamatan Mengwi itu mengatakan, Badung Comand Center nantinya diperuntukkan data centre, dan termasuk tempat kerja Dinas Kominfo.

Untuk diketahui, pembangunana gedung Badung Command Center dianggarkan sekitar Rp 47,4 miliar. Proyek pengerjaan sudah dilakukan sejak tahun 2017. Mega proyek era Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ini untuk mendukung program smart city. Dengan program smart city pemerintah meyakini semua instansi pemerintah daerah terkoneksi satu sama lain, sekaligus bisa langsung diakses oleh masyarakat.

Diskominfo Badung bakal melaunching Badung Command Center pada HUT ke–9 Mangupura, November 2018 mendatang. Rencananya, launching Badung Command Center ini bersamaan dengan launching aplikasi dari organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Badung supaya langsung terintegrasi ke Badung Command Center. *asa

Komentar