nusabali

Rp 50 Miliar untuk 2 Sekolah Baru

  • www.nusabali.com-rp-50-miliar-untuk-2-sekolah-baru

Dua gedung sekolah, SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi, siap dibangun pada 2019. Masing-masing sekolah mendapat kucuran Rp 25 miliar.

MANGUPURA, NusaBali
Akibat terbentur masalah lahan, tak semua sekolah baru yang didirikan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, pada tahun ajaran 2018/2019 bisa segera dibangun. Sekolah yang sudah siap hanya SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi. Bahkan, saat ini detail engineering design (DED) tengah digarap. Pembangunan sekolah baru ini disiapkan anggaran senilai Rp 50 miliar.

“Faktor utamanya adalah lahan. Kalau lahan belum siap, ya kami tidak bisa bangun. Makanya kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan pihak desa,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung I Made Mandi, Selasa (30/10).

Untuk sekolah yang sudah siap dibangun yakni SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi. “Rencana nanti, SMPN 6 Mengwi kami bangun di Banjar Jempayah, Desa Kekeran, Mengwi. Sedangkan SMPN 5 Abiansemal di Banjar Dirgahayu, Gerih, Abiansemal,” ungkap Mandi.

Sambil menunggu proses pembangunan fisik yang dirancang tahun 2019 mendatang, kini kedua SMP dimaksud meminjam tempat untuk kegiatan belajar mengajar sementara. “SMPN 5 Abiansemal saat ini meminjam di SD 1 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi di SD 2 Kekeran,” imbuhnya.

Mengenai anggaran pembangunan fisik, Mandi menyebut masing-masing disiapkan Rp 25 miliar. “Untuk SMPN 5 Abiansemal Rp 25 miliar dan SMPN 6 Mengwi juga Rp 25 miliar,” kata Mandi sembari menyatakan ruang kelas yang akan dibangun sebanyak 33 unit untuk masing-masing sekolah.

Disinggung tiga SMP baru lainnya, yakni SMPN 7 Mengwi, SMPN 3 Kuta Utara, dan SMPN 3 Kuta, Mandi mengaku masih terus berproses.

“Yang jelas sambil menunggu lahan, SMPN 7 Mengwi saat ini meminjam tempat di SD 4 Cemagi, SMPN 3 Kuta Utara di SD 1 dan SD 2 Kerobokan Kelod, SMPN 3 Kuta di SD 1 Kedonganan,” tandasnya.

Untuk DED pembangunan SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 6 Mengwi, Pemkab Badung juga sudah menggelontorkan anggaran ratusan juta rupiah. SMPN 6 Mengwi, anggaran penyusunan DED-nya senilai Rp 371 juta atau bila berdasarkan harga perkiraan sendiri (HPS) senilai Rp 196 juta. Sedangkan SMPN 5 Abiansemal nilai pagu DED-nya sebesar Rp 621 juta atau berdasarkan harga perkiraan sendiri (HPS) sebesar Rp 239 juta. *asa

loading...

Komentar