nusabali

1.300 Petugas Keamanan Gabungan Amankan Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-1300-petugas-keamanan-gabungan-amankan-bandara-ngurah-rai

Selama pelaksanaan Our Ocean Conference (OOC) 2018, pengamanan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung ditingkatkan. OOC 2018 berlangsung dua hari, 29–30 Oktober, dihadiri oleh beberapa petinggi negara dan seribuan peserta dari sejumlah negara.

MANGUPURA, NusaBali
General Manager Bandara Ngurah Rai Yanus Suprayogi, mengatakan sebanyak 1.300 personel keamanan gabungan disiagakan sejak 26 Oktober kemarin. Yanus merinci, petugas pengamanan ini terdiri dari 77 personel dari Polda Bali, 40 personel petugas rutin dari TNI AU, 48 personel dari kepolisian dari Kesatuan Pelaksana Pengawasan Pelabuhan Udara (KP3U), 8 orang pecalang, dan petugas pengaman internal bandara.

“Pengaman dari internal bandara sebanyak 280 personel keamanan dari Aviation Security (Avsec) setiap pergantian jam kerja selama empat kali dalam sehari. Jadi total 1.120 semuanya dari Avsec. Personel Avsec tersebut ditempatkan di sejumlah titik critical termasuk di posko keamanan terpadu Our Ocean Conference 2018 yang disiapkan di ruang publik di terminal kedatangan domestik dan area penurunan penumpang (drop-off zone) di terminal keberangkatan internasional,” ungkap Yanus, Selasa (30/10).

Selain mempersiapkan petugas keamanan pihaknya juga memastikan kesiapan seluruh fasilitas keamanan pendukung bandara. “Manajemen bandar udara memastikan bahwa semua personel dan peralatan mulai dari mesin pemindai atau x-ray, alat pendeteksi logam dan pendeteksi bahan peledak, kendaraan patroli, hingga ratusan kamera pengawas yang semuanya tersebar di banyak titik di terminal domestik dan internasional, siap,” ujar Yanus. Untuk diketahui pada OOC tahun ini, sebanyak 1.908 peserta dari beberapa negara sudah terkonfirmasi hadir di kawasan BNDCC, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, tempat berlangsungnya konferensi. *po

Komentar