nusabali

Acungkan Senjata, ODGJ Dijuk

  • www.nusabali.com-acungkan-senjata-odgj-dijuk

Seorang penderita ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), I Nyoman Adi,40, warga Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Gianyr.

GIANYAR, NusaBali
Diamankan petugas Satpol PP Gianyar, Selasa (30/10) sekitar pukul 15.00 Wita. Karena Adi sempat mengancam warga sekitar dengan mengacungkan senjata tajam. Petugas Satpol PP Kabupaten Gianyar I Wayan Nasta menyatakan jajarannya memperoleh laporan dari kerabatnya, I Kadek Pariartha. “Setelah dapat laporan, petugas Regu II Satpol PP langsung menuju Beng membawa mobil operasional,” ujar Nasta, kemarin.

Setibanya di rumah Nyoman Adi, petugas telah mendapati Nyoman Adi ini naik pitam. “Dia membawa arit. Langsung kami dekati pelan-pelan,” ujar Nasta. Penangkapan Nyoman Adi yang tengah membawa senjata tajam ini cukup dramatis. Selain membujuk lewat rayuan, petugas pun harus sigap dengan segala kemungkinan yang terjadi. “Akhirnya kami amankan dia saat berada di dalam kamarnya. Arit kami amankan juga,” ujar Nasta yang merupakan guru silat Perisai Diri itu.

Setelah Nyoman Adi tenang, petugas langsung mengajaknya ke mobil operasional Satpol PP. “Sesuai petunjuk, kami bawa dia ke RS Sanjiwani Gianyar untuk memperoleh penanganan,” jelasnya.

Nasta menjelaskan, Nyoman Adi ini mengalami depresi sehingga untuk sementara tidak perlu langsung dibawa ke RS Jiwa Bangli. Kesehariannya, Nyoman Adi kerap mengancam orang tuanya dengan arit. “Ibunya sering diancam pakai arit. Sehingga keluarga khawatir,” ungkapnya.

Nyoman Adi sendiri memang punya riwayat ODGJ. “Dulu sekitar 4 tahun lalu, dia sempat dibawa ke RS Jiwa Bangli,” ujarnya. *nvi

Komentar