nusabali

Bupati Suwirta Motivasi Kinerja Pejabat

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-motivasi-kinerja-pejabat

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengumpulkan dan memotivasi seluruh pejabat eselon IV hingga eselon II di lingkungan Pemkab Klungkung, Rabu (31/10).

SEMARAPURA, NusaBali

Langkah ini guna memacu seluruh jajarannya untuk bekerja lebih baik pada periode kedua kepemimpinan Bupati Suwirta.  Didampingi Sekda Gede Putu Winastra, selama hampir empat setengah jam, Bupati Suwirta memompa semangat ratusan pejabat setempat.  Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta juga memaparkan visi/misi dan program unggulan Pemkab Klungkung lima tahun ke depan.

Bupati Suwirta menyampaikan terima kasih terhadap seluruh ASN. Karena para ASN telah mengawal visi/misi kepemimpinannya dengan baik hingga Kabupaten Klungkung bisa seperti sekarang. Untuk periode kedua ini, visi/misi dirancang bupati sendiri. Visi/misi ini dirancang atas dasar hasil pengamatannya di lapangan saat melaksanakan program Bedah Desa. "Semua program yang saya rancang ini sangatlah gampang. Karena semua ditemukan berdasarkan pengamatan saat melakukan bedah desa pada periode pertama. Berkat bedah desa pula, indeks kemiskinan di Kabupaten Klungkung mampu dikurangi dari yang awalnya 0,7 menjadi 0,3," ujar Bupati Suwirta.

Pada periode pertama kepemimpinannya, Bupati Suwirta mengaku juga telah mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun 2013 hingga tahun 2017 sebesar 127 persen. Menurutnya, peningkatan PAD akan dirasakan masyarakat lewat pembangunan sejumlah infrasrtuktur dan pembukaan lapangan pekerjaan serta program - program pemberdayan. Dirinya, juga optimis pada periode kedua kepemimpinannya PAD akan mampu ditingkatkan lagi 100 persen.

Jelas Bupati Suwirta, peningkatan itu dilakukan melalui pengembangan potensi daerah, seperti pengembangan sejumlah objek wisata yang dominan berada di wilayah Nusa Penida. "Ke depan masyarakat hendaknya jangan berpikiran negatif jika banyak uang akan dihabiskan untuk pembangunan infrastruktur di Nusa Penida. Pembangunan ini adalah untuk mendukung sektor pariwisata yang akan memberikan pendapatan besar bagi PAD Klungkung," ujar Bupati Suwirta.

Selain peningkatan PAD, jelas Bupati Suwirta, Kabupaten klungkung juga telah diakui di tingkat Nasional. Pengakuan ini lewat berbagai prestasi yang telah diukir. Terakhir, dua program inovatif yakni Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara) dan Tempat Olah Sampah Setempat (Toss) mampu masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik (IPP) dalam ajang Top 40 IPP 2018 di Jakarta. Kedua program ini sebelumnya bersaing dengan 2.500-an program inovatif lain dari seluruh Nusantara. Kabupaten Klungkung menjadi satu-satunya kabupaten yang mampu meloloskan dua  programnya.

Bupati Suwirta berharap ke depan seluruh ASN di Kabupaten Klungkung akan lebih mengenal kedua program ini. Selain dinas selaku leading sector yang harus lebih paham dan menguasianya. Menurut Bupati Suwirta, dengan lolosnya kedua program ini, Kabupaten Klungkung akan semakin banyak mendapat kunjungan baik dari pemerintahan maupun swasta. Setelah kegiatan ini berakhir, Bupati Suwirta berharap akan lahir lagi ide-ide brilian program inovatif pelayanan publik yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. *wan

Komentar