nusabali

Percepat Diagnosis Penyakit, Keakuratan Hasil Laboratorium Sangat Diperlukan

  • www.nusabali.com-percepat-diagnosis-penyakit-keakuratan-hasil-laboratorium-sangat-diperlukan

Dalam dunia kesehatan, diagnosa suatu penyakit tidak cukup hanya dilihat dari fisik pasien. Pemeriksaan darah melalui laboratorium memang sangat diperlukan.

MANGUPURA, NusaBali
Hal itu untuk bisa menentukan diagnosa secara akurat terhadap penyakit dari pasien. Hal itu diungkapkan ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia, Prof DR  Dr Ida Parwati, SpPK(K), PhD.

Menurutnya, kemajuan teknologi dibidang kesehatan khususnya peralatan laboratorium, kini sangat membantu tenaga laboratorium. Saat ini peralatan yang dibutuhkan dalam pengujian laboratorium tentu peralatan yang memberikan hasil akurat, mudah diakses, serta terjangkau dari segi harga. Sehingga dengan hasil yang akurat, bisa mempercepat untuk diagnosis.  Dengan demikian, penangan pasien juga bisa lebih cepat.

"Dengan kecepatan serta keakuratan hasil dari laboratorium, pasien akan lebih cepat diobati. Selain itu, pasien tinggal di rumah sakit akan lebih singkat karena penyembuhan yang lebih cepat. Ini yang diperlukan di jaman kini," katanya saat ditemui disela pengenalan analisis diagnostik tercanggih Atellica Solution Siemens Healthineers, Rabu (31/10) lalu.

Alfred Fahringer, Country Lead Siemens Healthineers didampingi Kheong Cheah, Head of Diagnostics, Siemens Healthineers ASEAN mengatakan, Atellica Soluion ini diperkenalkan untuk memenuhi tuntutan pengujian yang lebih besar. Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi, menghadirkan hasil tes berkualitas tinggi yang dapat diandalkan. "Ini juga sekaligus sebagai solusi menghadapi kendala kekurangan staf terampil yang semakin besar dan meningkatnya batasan anggaran,” jelasnya.  

Dikatakan Alfred, Atellica Solution juga sebagai upaya mengatasi tantangan kekurangan staf dengan fitur-fitur inovatif seperti kontrol kualitas dan kalibrasi otomatis, sistem visi canggih, dan manajemen sampel dan penjadwalan tes yang cerdas. Didukung oleh teknologi pengiriman sampai magnetik dua arah yang unik, fitur-fitur tersebut bekerja sama dan mengurangi beban kerja para operator yang sangat terampil agar mereka dapat memfokuskan kembali perhatian mereka ke bagian Iain di labomtonum.

"Indonesia senantiasa menjadi pasar yang sangat menarik bagi industri layanan kesehatan. Siemens Healthineers berkomitmen untuk mendukung penyediaan kebutuhan mendasar ini dengan inovasi seperti Atellica Solution," ujarnya. *isu

Komentar